Pos Ronda warga RT 01 RW 06 Semingkir, Desa Kalikudi Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap yang dibangun gotong royong oleh warga setempat akhirnya diresmikan. Hari ini tepat malam Jumat Kliwon menjadi hari penetapan peresmian pendirian Pos Ronda, Kamis (4/5/2017).

Pos Ronda yang berada di depan rumah Ky Sansukardi (alm) dibangun pada Minggu Kliwon, 30 April 2017. Warga RT 01 RW 06 Semingkir Desa Kalikudi kerja bakti membangun Pos Ronda pada hari itu. Pembangunan ini sudah direncakan sebelumnya pada pertemuan rutin malam Minggu Wagean.

Anggaran biaya yang digunakan dalam membangun Pos Ronda didapat dari kas warga RT 01 RW 06 Semingkir, Desa Kalikudi. Kas ini dikumpulkan dengan cara mengadakan jimpitan setiap harinya. Setiap rumah dibebankan Rp.500 untuk kas RT setiap harinya.

Namun, untuk jimpitan yang 500-an itu yang sudah terkumpul sejak Januari 2017 disepakati untuk membuat tratagan. Dimana sebelum adanya kas lewat jimpitan 500-an tersebut, sudah ada kas tahun sebelumnya yang juga diambil dari hasil jimpitan beras setiap musim panen.

Pada selamatan (kendurenan) Pendirian Pos Ronda RT 01 RW 06 Semingkir Desa Kalikudi, dihadiri oleh sejumlah warga setempat. Kesepuhan dan kasinoman hadir pada selamatan tersebut. Hidangan tumpeng, lawuh, dan beberapa ubarampe lainnya dibuat oleh sejumlah warga ibu-ibu RT 01 RW 06. Setiap ibu rumah tangga membawa bekal selamatan pada acara itu.

Ny. Saridem misalkan, beliau membuat tumpeng dan meracik ubarampe keperluan kendurenan. Selain itu ada Ny Marni juga memasak lauk pauk dan sayuran. Ada juga yang memawa hidangan lain seperti pisang, kupat lepet, umbi-umbian dan sebagainya.

Tepat hari Kamis Wage malam Jumat Kliwon Pos Ronda RT 01 RW 06, Bapak Imam Wahidin selaku Kepala Dusun Semingkir meresmikannya. Tidak hanya itu Bapak Yagi selaku Ketua RW dan Bapak Trimowito selaku Ketua RT juga ikut berterima kasih atas partisipasi masyarakat dalam membangun Pos Ronda sebagai sarana warga untuk menjaga keamanan dan ketentraman lingkungan.