Bismillah.

Pada kesempatan ini, saya mencoba belajar mendesain garis – garis siluet. Entah ini disebut dengan siluet atau sketsa, saya kurang paham. Tetapi karena cuma hitam putih jadi saya sebut saja siluet.

Deskripsi:

Alat : Inkscape 0.48.4

Tool : Brazier Curve Tools

Bidang layout 570×570 pixels

Olah desain

Untuk menggambar siluet garis – garis menggunakan satu tool brazier. Anda bisa menekan tombol B untuk mempercepat dalam memilih tool tersebut. Buka gambar dengan resolusi tinggi, atau pun sedang. Kenapa harus tinggi? Dalam menggambar siluet ini diperlukan zoom atau memperbesar gambar dengan level sangat besar. Jadi jika gambarnya berukuran resolusinya rendah, nanti jika diperbesar akan pecah. Untuk memperbesar dan memperkecil pandangan pada aplikasi, gunakan tombol Ctrl dan scroll pada mouse.

Dengan menggunakan Brazier tools, mulailah membuat garis – garis pada gambar. Bisa dibilang tekniknya itu ngeblak seperti di kertas biasa. Lihat gambat berikut, dan perhatikan cursornya.

membuat_garis2

Langkah tracing bagian mata

Pada saat membuat lengkungan garis, Anda harus meng-klik dan drag, jadi garis path akan melengkung. Jika sudah terbentuk garis yang rapih dan sesuai gambar, berilah warna hitam. Sebagai contoh hasil dari percobaan desain ini seperti berikut.

Desain siluet

Hasil jadi dari keseluruhan

Selamat mencoba, 🙂 😀