Desa OS merupakan distribusi GNU/Linux untuk kalangan masyarakat pedesaan. Selain itu pengguna lain juga dapat memakai distribusi GNU/Linux DesaOS ini.

Projek pengembangan distribusi GNU/Linux Desa OS berikutnya sedang dalam pengembangan. Para pengembang sistem Desa OS ini secang meracik sistem yang akan dibuat.

Dalam masa pengembangan sistem DesaOS yang projeknya masih berjalan, situs resmi Desa OS sendiri mengalami masalah. Website tersebut tidak dapat diakses. Walaupun masa aktif dari domain Desa OS masih lama sekitar bulan Mei 2017 mendatang.

Peralihan situs resmi Desa OS sekarang menggunakan media github. Agar para pecinta sistem GNU/Linux tetap dapat mengakses informasi Desa OS.

Selain itu, salah satu pengembang Desa OS juga membocorkan informasi yang akan dikemas dalam versi DesaOS berikut. Bocoran itu adalah:

  • Menggunakan sistem Ubuntu 16.04
  • Dengan jenis desktop XFCE
  • Kernel versi 4.4
  • Codename: Bajigur

Bajigur sendiri merupakan nama minuman tradisional khas masyarakat Sunda dari daerah Jawa Barat, Indonesia. Versi sebelumnya dengan codename Angsle yang merupakan minuman khas Jawa yang menyerupai kolak.

Untuk dapat menikmati sistem Desa OS 1.0 Anglse Anda dapat mengunduh pada laman web di sana

Dari bocoran sistem yang akan digunakan oleh Desa OS versi 2.0 diharapkan khususnya pengguna dikalangan masyarakat pedesaan dapat menikmati sistem Desa OS ini. Selain itu juga pengguna lain secara umum dapat dengan mudah menggunakannya.

Referensi :

Facebook Posts