Aplikasi LibreOffice kembali merilis versi terbarunya. Tepat pada 28 Juli 2017 aplikasi ini dirilis dengan versi 5.4.

Lalu bagaimana cara menginstalnya?

Anda dapat mengunduh LibreOffice 5.4 di sana sesuai dengan sistem yang dipakai. Tentu saja saat ini penulis memakai sistem Linux Mint 17.0 64 bit. Jadi pada tulisan ini akan dibahas mengenai cara menginstal aplikasi LibreOffice 5.4 pada sistem Linux Mint.Apabila sistem yang Anda pakai berbeda, silakan untuk menyesuaikan saja.

Pastikan Anda sudah mengunduhnya dan mengekstrak file LibreOffice yang akan diinsta. Sebelumnya, kita harus menghapus versi lawas dari LibreOffice yang ada di sistem komputer Anda. Misalnya sudah ada versi LibreOffice 5.3, lalu kita hapus aplikasi tersebut.

sudo apt-get purge libreoffie-*

Setelah menghapus versi lawas, yang gunanya agar tidak ada dua versi LibreOffice pada sistem Anda. Maka langkah selanjutnya adalah menginstal LibreOffive versi 5.4.

Baca juga:

Masuk pada direktori/folder unduhan LibreOffice yang terdapat pada folder DEBS. Lihat gambar, sesuai yang penulis unduh dan ekstrak.

Di dalam folder DEBS ini ada banyak file berformat *.deb. Instal semua file tersebut dengan sekali perintah. Gunakan aplikasi terminal agar mudah. Pastikan juga sudah masuk pada direktori tersebut pada terminal.

sudo dpkg -i *.deb

Masukkan password dan berikan atau pencet Y agar diberi akses untuk penginstalan. Tunggu beberapa saat dan aplikasi LibreOffice 5.4 siap digunakan.