Aplikasi pengedit gambar GIMP terus dikembangkan. Hingga adanya versi GIMP 2.9.6. Untuk menginstal versi ini kita harus memasukkan PPA agar dapat menginstal. Karena memang belum tersedia pada repositori resmi dari Ubuntu dan keturunannya.

Lalu, bagaimana kita dapat mengintal GIMP 2.9.6 ?

Langkah pertama adalah memasukkan PPA berikut dengan menggunakan aplikasi konsol atau sering disebut dengan terminal. Ketikkan alamat PPA berikut atau salin saja dengan menekan tombol CTRL + C dan pada terminal menekan tombol SHIFT + CTRL + V.

sudo add-apt-repository ppa:otto-kesselgulasch/gimp-edge

Jangan lupa untuk tekan enter, bila ada pernyataan untuk menekan enter. Bila sudah kita update dan sekaligus instal dengan perintah.

sudo apt-get update; sudo apt-get install gimp

Tekan tombol Y untuk ya bila ada pernyataan apakah akan mengunduh dan menginstal GIMP tersebut. Apabila sudah ada versi GIMP yang lama, maka nanti akan diganti dengan versi terbaru yang akan diinstal. Jadi tidak ada aplikasi GIMP dengan dua versi pada sistem Anda.

Begitulah kiranya catatan singkat hari ini tentang bagaimana cara install aplikasi GIMP 2.9.6 pada Ubuntu 16.04 dan keturunannya. Sekian semoga membantu.

Catatan:

  • Saya gunakan sistem Linux Mint 18.0 yang merupakan keturunan dari Ubuntu 16.04
  • Desktop XFCE.

Referensi : Ubuntu Hand Book. Org