XAMPP perangkat lunak bebas, yang mendukung banyak sistem operasi, merupakan kompilasi dari beberapa program. Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl.

XAMPP ini sering digunakan sebagai media webserver lokal pada komputer. Selain XAMPP pada sistem GNU/Linux juga sudah ada webserver lokal yang dijuluki dengan LAMP (Linux, Apache, MySQL, Python/PHP/Perl). Keberadaan kedua perangkat lunak ini juga memiliki kemudahan tersendiri baik itu penggunaanya maupun penginstalannya.

Baca juga Cara Install LAMP Web Server

Pada tulisan ini akan dibahas bagaimana cara install XAMPP di sistem Ubuntu, Linux Mint dan turunannya. Mari kita simak baik-baik.

1. Unduh terlebih dulu file XAMPP pada situsnya di sana. Sesuaikan dengan versi PHP yang dipakai bila belum sesuai, dapat diupgrade lebih dahulu. Atau bila Anda ingin yang lebih mudah, bisa ketikkan saja perintah di bawah ini pada terminal.

2. Pastikan tempat mengunduh sudah berada diposisinya. Jika belum masuklah pada direktori tersebut tempat di mana file unduhan XAMPP installer tadi.

3. Beri hak akses executable pada file XAMPP installe agar dapat diinstall. Dan lakukan penginstalan langsung sesuai dengan perintah di bawah ini.

4. Muncul jendela penginstalan seperti di bawah ini. Klik next dan next seterusnya hingga proses instalai berhasil.

Tampilan awal XAMPP instalasi

Tampilan awal XAMPP instalasi

Komponen instalasi yang akan dipilih pada XAMPP

Komponen instalasi yang akan dipilih pada XAMPP

Alamat folder instalasi XAMPP

Alamat folder instalasi XAMPP

Bitnami for XAMPP yang mendukung WordPress, Drupal, dan Jooml

Bitnami for XAMPP yang mendukung WordPress, Drupal, dan Joomla

Kesiapan instalasi XAMPP

Kesiapan instalasi XAMPP

Proses instalasi XAMPP di Ubuntu, Linux Mint dan turunannya

Proses instalasi XAMPP di Ubuntu, Linux Mint dan turunannya

Tunggu hingga instalasi selesai.

Itulah bebarapa cara singkat Install XAMPP di Ubuntu, Linux Mint dan turunannya. Terima kasih.

Sebagai catatan, apabila ada dua webserver maka salah satu harus dimatikan terlebih dahulu. Contohnya sudah menggunakan Apache Webserver, namun menginstal XAMPP, untuk dapat memunculkan halaman XAMPP pada browser maka Anda harus mematikan Apache terlebih dahulu.

Perintahnya seperti ini.

Setelahnya lakukan pemanggilan atau mengaktifkan XAMPP dengan perintah:

sedangkan untuk mematikan