Bismillah, untuk membuat sebuah file PDF dengan memiliki beberapa halaman harus ada beberapa teknik sendiri saat Anda menggunakan aplikasi GIMP sebagai media membuat file PDF. GIMP sendiri memang sudah ada atau mendukung penyimpanan langsung dalam bentuk PDF. Namun file tersebut tidak dengan beberapa halaman yang itu merupakan beberapa layer dari file tersebut.

Untuk membuat PDF dengan beberapa halaman pada aplikasi GIMP, Anda perlu menginstal aplikasi Image magic pada sistem Gnu/Linux yang Anda pakai. Jika Anda sudah menginstalnya, Anda harus melakukan cara berikut ini.

Buka file yang akan dibuat PDF, pastikan beberapa layer sudah siap dan dimulai dari halaman terkahir untuk layer paling atas. Untuk layer paling bawah adalah halaman depan sendiri. Jadi posisi layer tersebut dihitung halaman pertama dari bawah, bukan dari atas.

Ekspor file tersebut dengan ekstensi file *.mng selanjutnya buka aplikasi terminal dan masuk pada lokasi penyimpanan file *.mng tadi yang akan kita konvert ke PDF. Ketikkan perintah berikut ini:

convert nama_file_anda.mng nama_file_anda_hasil_jadi.pdf

Tunggu proses konvert, dan lihat hasilnya. Taraaaa… akhirnya Anda bisa membuat file PDF dengan mulit-pages pada aplikasi GIMP dengan perantara Image Magic 😀