Potrait dan Landscape merupakan pengaturan halaman yang digunakan dalam membuat lembar kerja dokumen. Anda dapat mengatur orientasi halaman sesuai dengan kebutuhan.

Pada satu file dokumen umumnya menggunakan satu jenis orientasi halaman. Namun, itu dapat disanggah, bahwa penggunaan orientasi halaman dapat dapat menggunakan dua jenis dalam satu file dokumen.

Misalkan secara default menggunakan jenis potrait. Karena kebutuhan penulisan dokumen agar pas pada lembar kerja, Anda harus menggunakan orientasi halaman landscape. Hal ini dapat diatur pada gaya pengaturan halaman.

Bagaimana mengaturnya?

Sebagai informasi aplikasi pengolah kata yang digunakan adalah Libreoffice Writer. Untuk yang menggunakan aplikasi lain, silakan untuk menyesuaikan. Pastikan aplikasi Libreoffice Writer sudah dibuka. Lakukan beberapa langkah berikut ini:

1. Klik menu Styles dan pilih Styles and Formatting.

Styles and Formatting

Nanti akan keluar pada sidebar sebelah kanan aplikasi Libreoffice Writer.

Sidebar Styles and Formatting

Sidebar Styles and Formatting

2. Pilih pada icon Page Style, cek apakah ada pengaturan Landscape atau tidak.

Page Style

Page Style

Daftar pengaturan Page Style

Daftar pengaturan Page Style

Bila sudah ada seperti pada gambar di atas, Anda dapat meneruskan ke langkah berikutnya. Namun, jika belum lakukan atau buat baru pengaturan pagenya. Dengan cara klik kanan pada sidebar Page Style tersebut, dan pilih New. Keluarlah jendela seperti ini. Lakukan pengaturan orientasi halamannya. Jangan lupa untuk memberi nama para organizer.

Mengatur halaman

Mengatur halaman

3. Klik menu insert dan pilih manual break.

Manual Break

Manual Break

Setelah itu keluar jendela pengaturan berikut ini. Sesuaikan dengan Page Style yang telah dibuat tadi. Bila sudah ada Landscape, tinggal pilih saja. Lihat gambar agar lebih jelas.

Insert Break

Insert Break

Klik OK, dan halaman berikutnya akan berubah ke posisi Landscape seperti pada gambar ini.

Potrait dan Landscape dalam satu file dokumen

Potrait dan Landscape dalam satu file dokumen

Itulah beberapa langkah singkat untuk mengatur Potrait dan Landscape dalam satu file dokumen dengan Libreoffice Writer. Selamat mencoba! (whs)

Deskripsi:

Libreoffice 5.3.2.2