Bismillah,

Pada saat kita memiliki masalah error dari aplikasi tertentu namun tidak mau menginstal ulang aplikasi tersebut, kita bisa lakukan menghapus seluruh konfigurasi yang ada pada folder home Anda. Seluruh konfigurasi sistem GNU/Linux seperti konfigurasi aplikasi terdapat pada folder /home/NAMAUSERKAMU/. Namun folder tersebut tidak kelihatan alias ter-hidden, karena untuk menghindari pengeditan atau penghapusan file konfigurasi.

Untuk memunculkan folder tersebut tekanlah tombol Ctrl+H maka akan muncul folder dengan nama di depannya dengan tanda titik ( . ), contoh .config.

Mudah sekali bila untuk mengatur ke pengaturan awal aplikasi pada saat baru menginstalnya. Tinggal hapus saja folder aplikasi tersebut pada direktori /home/USERANDA/.config/ . Atau bisa juga mengganti nama folder aplikasi tersebut, sebagai contoh folder inkscape, nah ganti saja dengan nama inkscape_ori atau sesuai dengan kehendak Anda.

Folder Inkscape ada dua

Folder Inkscape ada dua

Ketika Anda membuka aplikasi Inkscape, secara otomatis akan membuat folder Inkscape lagi. Nah, tentunya tampilannya akan terlihat seperti pada awal menginstal aplikasinya. Mudah bukan? Silakan dicoba.. 😀