Pernahkah terbayang menginstal seabrek aplikasi dalam sekali enter? Tentunya terkadang terkagum dan agak heran kok bisa? Coba kita lihat paparan berikut ini.

Dalam sistem Gnu/Linux misalkan keluarga Debian dan Ubuntu, diberikan sejumlah perintah dasar terminal. Salah satunya menginstal aplikasi seperti:

[bash]
sudo apt-get install nama_aplikasi
[/bash]

Perintah di atas merupakan perintah umum yang sering digunakan oleh para pengguna. Kembali lagi dengan menginstal sebarek aplikasi dengan sekali enter.

Nah, setelah melihat perintah di atas sebetulnya menginstal banyak aplikasi hanya di batasi dengan sepasi untuk membedakan nama aplikasi. Dengan catatan bahwa aplikasi yang akan diinstal berada di dalam repository official sistem Anda. Masih abstrak? Saya akan berikan contohnya, misalkan seperti ini:

[bash]
sudo apt-get install nano gimp inkscape geany lxde kde-plasma-desktop docky bluefish blender vim modem-manage-gui synaptic conky audacity audacious vlc smplayer chromium-browser
[/bash]

Setelah mengetik seperti di atas maka Anda tinggal tekan enter saja dan masukkan password konfirmasi sistem Anda. Bagaimana? Mudah sekali bukan?

seabrek_aplikasi

Ilustrasi aplikasi

Keuntungan,

  • irit perintah pada terminal
  • tidak bolak – balik mengetik
  • dll

Sementara kelemahannya kita harus mengunggu waktu yang agak lama karena proses unduh dari beberapa aplikasi tersebut. Selain itu mereka juga harus mengantri dalam daftar unduhan dan instalasi.