Waduh, entah kenapa ini tiba – tiba isi dari dashboard wordpress web saya hilang. Hanya ada menu di sebelah kiri saja. Hem. . 

Kronologinya seperti ini, dari pagi saya memang sedang online di wordpress. Sambil mengatur – atur dan sedikit perbaikan terhadap isi yang ada di web tersebut. Sampai pada pukul 12.00 wib selepas makan siang (sekaligus sarapan) saya coba online lagi. Karena koneksi terputus sendiri dari modemnya.

Refresh halaman web saya dan terjadilah keanehan di web tersebut. Nah, loh habis ngapain nih. Ada yang jail atau ada yang. . . Saya tidak tahu. Ini sih namanya di tes atau memang servernya lagi downtime. Perasaan agak panik sedikit, tapi saya pikir ini mungkin lagi downtime saja. Biarin sejenak sambil si laptop beristirahat saya restar saja.

Selapas itu saya soba login lagi ke dashboard wordpres. Eh ternyata masih saja begitu, ini gambarnya saya biar tahu apa yang aneh. Terintas juga ada file backup dari cpanel. Nah, saya coba login ke cpanel waddowww,, tidak bisa login. Padahal sudah benar username dan passwordnya. Tambah puyeng nih kepala, udah ngantuk tidak bisa tidur semalam. Sekarang malah ketambahan masalah kaya gini, hem.. 🙁

Istirahat sejenak karena sudah puyeng, tidur 15 menit. Laptop pun saya matikan. Habis tidur saya coba login lagi ke dashboard wordpress web saya masih juga belum bisa. Tinggal yang ini, login ke cpanel.. alhmdulillah bisa masuk. Saatnya bersih – bersih yang tidak perlu. Biarin lah yang penting bisa masuk dulu dan masalah terselesaikan.

Dicoba lagi masuk dashboard, oya alhamdulillah bisa masuk.  Wah kayanya ini yang bikin jadi eror, ada pluggins wordpress yang membuat eror dashboard juga ya. Hati – hati pas waktu memilih plugins saya baru kali ini mengalami hal seperti ini. Jadi tetep pada prinsip backup data dan kehati – hatian dalam memilih plugins fitur suatu layanan web. Karena mungkin saja tidak stabil di tema web yang sedang dipakai. Atau juga masih dalam tahap percobaan.

Yeye, alhamdulillah bisa menulis lagi. Terima kasih juga kepada teknikal support yang hanya sedikit sekali membantu saya. Hanya bertanya doang, huh,,..