Pagi ini memang cerah sekali, sinar matahari yang menyehatkan udara pun sejuk. Hari ini terasa ada yang beda pada suasananya, entah itu apaan.

Terlihat kuing-kuning bercampur oren dan ada putihnya di sekilingnya apa itu? Aku dekati ternyata jajanan pasar yang nylekamin dan maregi. Gethuk dengan taburan ampas kelapa pas banget dengan kopi SUSU-nya.

Gethuk ini memang jajanan tradisional yang masih banyak peminatnya. Dari muda hingga tua pun masih sering mencari jajanan ini. Di samping jajanan yang mengenyangkan, Gethuk ini juga harganya terjangkau.

Gethuk diolah menggunakan bahan dasar singkong yang dirawun dan ditumbuk hingga lembek serta dicetak untuk dipotong-potong. Biasanya berwarna oren kemerahan atau juga ada yang kekuningan, tidak lupa taburan ampas kelapa di sekilingnya.

Sekarang ini gethuk sudah banyak variasinya. Ada gethuk goreng, gethuk original, dan masih banyak lagi. Rasanya pun juga bervariasi, ada coklat, gula jawa, durian, dan sebagainya. Banyak warga masyarakat membeli gethuk untuk oleh-oleh atau sekedar kepengin untuk teman ngopi. Seperti saya ini, yang kebetulan kepengin ngopi dengan hidangan gethuk original.