Gimp adalah salah satu aplikasi editor gambar. Gimp merupakan akronim dari Gnu Image Manipution. Aplikasi ini menjadi alternatif Adobe Photoshop di Windows.

Penggunaan Gimp agak sedikit jarang oleh masyarakat. Apalagi di Indonesia yang kebanyakan pengguna Windows. Mereka sangat tergantung dari aplikasi – aplikasi yang berjalan di Windows. Inilah yang menjadi salah satu PR untuk para penggiat FOSS. Tidak hanya cuma penggiat FOSS saja, namun user biasa juga harus ikut serta dalam memperkenalkan aplikasi yang LEGAL. Walaupun sedikit cara untuk melakukan hal itu tetapi menjadi sangat terbantu si penggiat FOSS ini.

Masih di lingkup GIMP, secara tampilan memang sedikit berbeda bahkan memang berbeda. Dari lokasi menu dan sub menu, tools yang digunakan sampai pada cara – cara yang canggih di lingkup Photoshop harus ekstra kerja menyesuaikan dengan GIMP. Antarmukanya seperti di bawah ini.

gimp

Belum diinstal?

Penginstalan aplikasi ini sangat mudah. Apalagi dengan basis open source-nya yang dapat berjalan di berbagai platform sistem operasi. Untuk pengguna Windows, silakan menuju website resminya di sana [1]. Download aplikasi GIMP versi Windows dan instal dengan tahapan – tahapan yang sudah ada didokumentasi tersebut. Sementara pengguna Gnu/Linux sangat mudah sekali, tinggal buka terminal dan ketikan perintah:

Keterangan:

apt-get bisa disesuaikan dengan jenis sistem manajemen paket yang Anda pakai. Bisa yum, zypper, pacman dll [2]

Untuk mempermudah dalam pembelajaran GIMP saya ada file PDF dengan empat sesi belajar dan sangat mungkin akan ditambah. Silakan untuk di unduh secara gratis.

Rujukan:

  1. www.gimp.org
  2. http://waahyu.my.id/blog/sistem-manajemen-paket-gnu-linux/