Saat menggunakan sistem operasi berbasis Gnu/Linux atau UNIX pastinya akan merasakan penginstalan secara online. Baik mengupdate sistem, mengupgrade versi sistem, sampai pada menginstal aplikasi. Apakah harus setiap kali melakukan hal tersebut tetap dengan koneksi internet?

Ada beberapa cara untuk mempermudah saat penginstalan. Tidak semua penginstalan harus dan selalu online (koneksi internet). Instalasi secara offline akan memberikan dampak tersendiri, manfaatnya pun sangat banyak. Salah satunya Anda akan sedikit menghemat kuota internet untuk instalasi sistem maupun aplikasi. Beberapa cara menginstal secara offline yang saya tahu antara lain,

  1. menggunakan DVD Repository
  2. mengunduh file .deb atau .rpm sekaligus dependensinya
  3. mengunduh file alldeb (file .deb yang sudah terpaketkan dengan dependensi)

DVD Repository

Sangat jarang sekali yang punya DVD Repository. Sama halnya seperti saya, masih belum mempunyai DVD Repository. Dengan menggunanan DVD Repository, Anda akan sangat mudah sekali menginstal aplikasi apapun secara offline. Dengan catatan aplikasi tersebut masih dalam kategori terpaketkan di official repository sistem operasi terkait.

Jika Anda mempunyai koneksi dewa, Anda bisa mengunduh file DVD Repository di situs – situs mirror Indonesia. Seperti kambing.ui maupun kartolo.sby.datautama.net. Sementara jika tidak memiliki banyak koneksi, Anda dapat memesan DVD Repository di situs – situs mirror Indonesia. Seperti juragan.kambing.ui. Anda tinggal menghubungi dan mengkonfirmasikan akan membeli DVD Repository.

File .deb .rpm

Sementara cara lain yakni mengunduh file .deb atau .rpm (sesuaikan distribusi sistem Gnu/Linux Anda) di warnet – warnet yang dekat dengan Anda. Dengan file tersebut yang sudah diunduh beserta dependensinya, maka Anda tinggal menginstalnya secara offline di komputer Anda. Untuk menginstalnya antara lain sebagai berikut:

[bash]
sudo dpkg – i nama_aplikasi.deb
[/bash]

Alldeb User

Baru – baru ini telah dibuatkan pemaketan aplikasi .deb beserta dependensinya. Pemaketan aplikasi ini disebut dengan alldeb, format filenya pun .alldeb. Untuk penginstalan aplikasi ini harus menginstalnya beberapa dukungan alldeb. Anda dapat mengikuti dokumentasi yang ada di situs alldeb tersebut. Anda juga harus memahami sistem manajemen paket yang digunakan pada sistem komputer yang dipakai. Secara umum file yang disediakan sama, namun untuk penggunaan dalam sistem komputer semua orang pastinya berbeda – beda. Jadi saya tekankan untuk menggunakan alldeb harus memahami sistem manajemen paket terlebih dahulu.

Rujukan:

http://packages.ubuntu.com/

http://juragan.kambing.ui.ac.id/ (situs pemesanan DVD file iso Repository/sistem operasi)

http://kambing.ui.ac.id/iso/

http://kartolo.sby.datautama.net.id/

http://bengkelubuntu.org/ (situs penyedia alldeb)