Bismillah,

Baru saja saya menginstal cms wordpress di localhost. Tentu saja setelah menginstal web server nginx, saya coba menginstal cms blogging. Biar suatu saat jika ada kendala dengan blog saya, bisa di backup melalui wordpress localhost ini.

Deskripsi

  • File wordpress-4.4
  • Database dibuat dengan PhpMyAdmin
  • Sistem Linux Mint 17 Xfce 64 Bit

Mulai instalasi

Buat database dengan menggunakan PhpMyAdmin untuk lebih mudahnya. Jika sudah mahir, silakan menggunakan terminal dalam pembuatan database. Pastikan databases dalam kondisi grant all previleges.

Unduh terlebih dahulu file wordpress dari situs resminya di sana. Ekstrak file wordpress yang baru saja diunduh. Lihat file wp-config-sample.php. Edit file tersebut, fokuskan pada nama database, username, password.

simpan dengan nama wp-config.php. Pindahkan semua file di dalam folder wordpress tersebut. Untuk mempermudah pakailah dengan file manager dalam hak akses root. Hati – hati dalam pemakaian file manager dalam kondisi root. Salin folder wordpress ke /usr/share/nginx/html/. Segera keluarkan file manager dalam mode root. Beri hak akses 775 folder wordpress tersebut.

Buka dengan browser localhost/wordpress (Jika nama foldernya wordpress, sesuaikan dengan nama yang tadi di salain di /use/share/nginx/html/). Lakukan penginstalan dan ikuti petunjuknya.

Wordpress di LocalhostRujukan:

https://www.digitalocean.com/community/tutorials/how-to-install-wordpress-with-nginx-on-ubuntu-14-04