Giat memasuki bulan Agustus warga RT 01 RW 06 dusun Semingkir, Desa Kalikudi Kecamatan Adipala pasang gapura dan ngecat. Di setiap rumah masing-masing warga yang dekat jalan, mereka memasang gapura dan sekaligus kerja bakti membersihkan rumput sepanjang jalan, Minggu 30/7/2017.

Walaupun tergolong masih di bulan juli, tetapi suasana kemerdekaan sudah terasa di lingkungan RT.01. Apalagi dengan diadakan kerja bakti pemasangan gapura di dekat jalan, menambah semarak kemerdekaan Republik Indonesia.

Kali ini kita lebih awal dan bahkan bisa dikatakan paling pertama pasang gapura. Wilayah RT sebelah saja belum pasang. Tutur Ketua RT.01 Bapak Trimosuwito.

Gapura yang sudah dipasang di dekat jalan nanti kita cat merah dan putih. Karena kita sudah punya dana untuk pengecatan gapura. Selain itu, dekat pos ronda juga dipasang umbul-umbul. Biar lebih ramai dan semangat kemerdekaan. Imbuhnya kepada admin.

Nanti warga yang tidak punya gapura juga sudah disiapkan oleh kami. Walaupun gapuranya sederhana hanya dengan bambu bekas, tetapi kalau diwarnai baru lagi jadi tambah ayu.

Dari pantauan penulis juga terlihat giat kerja pemuda RT.01 RW.06 ini semangat. Bahkan para orang tua juga ikut andil dalam kegiatan ini. Mereka berkeliling sambil membawa cat warna merah dan putih untuk mengecat setiap gapura yang sudah dipasang dekat jalan.

Semarak hari kemerdekaan Negara Republik Indonesia yang ke-72 tahun memang menjadi momen penting seluruh lapisan masyarkat. Entah di Desa Kalikudi atau di wilayah lain. Mereka selalu menampilkan ciri khas masing-masing daerah seperti memasang gapura dekat jalan di masing-masing rumah.