Pernah karaoke? Pastinya Anda suka menyanyi dan mengekspresikan dengan berkaraoke. Bisa dengan media VCD/DVD karaoke atau juga pergi ke tempat karaoke yang ada di daerahmu. Eits, sekarang juga mudah berkaraoke dengan menggunakan smartphone, tapi kita juga sering kali kesusahan bila ingin berkaraoke dengan menggunakan komputer.

Lalu? Saya pun mencari cari aplikasi karaoke yang dapat berjalan di sistem yang saya gunakan. Untuk informasi sistem komputer yang digunakan pada komputer saya adalah Linux Mint 17.0 codename Qiana yang merupakan turunan dari Ubuntu, jadi masih keluarga dengan Ubuntu.

Cari di Google

Karena saya tidak tahu aplikasi apa yang akan diinstal maka saya pun mencarinya di mesin pencari Google. Mengetikkan kata kunci “how to karaoke in ubuntu” terlihat beberapa sugesti atau hasil pencarian yang bisa saya gunakan. Langsung saja klik paling atas. Hehe 😀

Ternyata situs itu adalah situs apps directory Ubuntu yang merupakan situs resmi kumpulan aplikasi Ubuntu yang dapat kita cari, download dan instal di komputer kita. Sangat beruntung sekali aplikasi tersebut sudah ada di repository offical Ubuntu. Karena sudah dapat kita lihat pada situs resminya sudah ada, jadi kita bisa menginstal langsung seperti biasanya.

Pada tampilan gambar tersebut yang menunjukkan bahwa kita bisa mengunduh langsung aplikasi PyKaraoke di situs resmi apps directory Ubuntu. Nanti filenya dengan format *.deb

Instal aplikasi

Biasanya saya gunakan metode penginstalan online dan menggunakan aplikasi terminal console. Jadi saya ketik saja perintah seperti biasanya.

sudo apt-get install pykaraoke -y

Tinggal menunggu proses unduh dan instalasi aplikasinya, lalu cek pada menu untuk kali ini saya gunakan whisker menu. Ketik saja dipencarian biasanya saya ketik dengan beberapa huruf saja bisa 2-4 huruf pertama pada menu pencarian. Seperti pada gambar ini.


Wah, setelah dibuka seperti ini penampakannya. PyKaraoke yang saya instal dengan versi 0.7.5

Selamat mencoba yah, hehe 😀