Kegiatan Pramuka merupakan kegiatan pendidikan non formal yang merupakan pendidikan yang dilaksanakan di luar lingkungan keluarga dan sekolah. Pendidikan tersebut mengarah kepada pendidikan mengenai disiplin, keterampilan, persaudaraan, bakti terhadap masyarakat dan pembentukan watak.

Gerakan Pramuka dalam melaksanakan kegiatannya menggunakan metode pendidikan yaitu Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metodik Kepramukaan (PDK dan MK), yang penggunaannya disesuaikan dengan keadaan dan khususnya perkembangan anak, pemuda, keluarga, di dalam masyarakat.

Dalam masa perkembangan dan perubahan lingkungan yang pesat ini, Gerakan Pramuka berusaha ikut serta aktif membantu pemerintah melaksanakan pembangunan nasional dan tuntutan generasi muda akan perubahan perilaku, peningkatan kemampuan pribadi serta pengaruh perkembangan ilmu dan teknologi.

Seperti halnya kegiatan Pesta Siaga tingkat Kwaran 110107 Adipala yang diadakan pada Sabtu, 18 Februari 2017 di area MI dan Mts Raudlatul Huda Desa Welahan Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap. Seluruh gugus depan tingkat Kwaran 110107 Adipala ikut serta dalam acara ini. Berbagai kegiatan dilangsungkan untuk menunjang perkembangan anak melalui pendidikan kepramukaan yang bertemakan “Siaga Asik dan Berprestasi” dan bermoto “Satyaku kudarmakan Darmaku kubhaktikan”.

Beberapa kegiatan pada acara Pesta Siaga tersebut seperti diadakan kompetisi atau lomba-lomba yang terampil, tangkas, berilmu pengetahuan dan ceria. Seperti ketaqwaan, pentas budaya, ilmu pengetahuan umum, bari-berbaris, ketangkasan dan masih banyak lagi.

Dasar-dasar dari kegiatan Pesta Siaga juga telah mengacu pada ketentuan dan perundang-undangan Republik Indonesia. Seperti:

  1. Undang – Undang RI No. 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka;
  2. Keputusan Presiden RI No. 24 Tahun 2009 tentang Anggaran Dasar Gerakan Pramuka;
  3. Surat Keputusan Kwartir Nasional No. 11/Munas/2013 tentang Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka;
  4. Surat Keputusan Kwartir Nasional No. 131/KN/76 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pesta Siaga;
  5. Program Kerja Kwartir Cabang 1101 Cilacap tahun 2017
  6. Program Kerja Kwaran 110107 Adipala tahun 2017

Pada acara Pesta Siaga tersebut dimulai pukul 08.00 WIB dengan acara pertama upacara pembukan Pesta Siaga. Langsung dilanjutkan dengan melakukan sejumlah kegiatan lomba-lomba yang sudah ada tempat tersebut. Ada 12 taman lomba yang harus diselesaikan oleh para barung pramuka siaga. Dan sekitar pukul dua siang mereka sudah selesai dengan wajah yang kusam dan berkeringat. Namun tetap bersemangakat dalam mengikuti acara Pesta Siaga itu.