Ketika saya penasaran apa itu rolling release langsung saja mencari di google apa artinya. Wah, ini yang membuat saya jadi tumbuh minat buat mencoba sistem rolling release.

Sistem operasi berbasis rolling release yang merupakan keluarga Arch Linux berbeda dengan sistem operasi GNU/Linux lainnya. Rolling release ini berarti satu kali instal permanen di komputer dan jika ada versi terbaru dari OS tersebut kita tinggal mengupdate dan mengupgrade saja. Bukan instal ulang seperti sistem operasi lain.

Misalkan keluarga Ubuntu, jika ada versi OS terbaru seperti Linux Mint 17.2 sedangkan sistem Anda berada di versi 17.1 maka harus menginstal ulang di komputer Anda. Walaupun bisa mengupgrade secara online ke versi tersebut namun kadang ada semacam eror atau bug yang membuat performa sistem kita jelek.

Saya pribadi mending instal ulang dari pada upgrade online, banyak sekali kekurangannya jika upgrade online. Seperti harus punya koneksi internet yang bagus dan stabil. Jika koneksi internet Anda ecek – ecek atau tidak bagus lebih baik urungkan saja dan beralih ke instal ulang.

Walaupun sistem rolling release pun demikian membutuhkan koneksi internet yang bagus. Tetapi untuk mengupdate dan upgrade sistem disesuaikan waktunya. Tidak harus setiap minggu atau setiap bulan. Anda bisa menjadwalkan waktu tertentu untuk memperbarui sistem operasi Anda. Misalkan dua atau tiga bulan secara berkala.

Oya, sistem manajemen paket di Manjaro ini berbeda. Karena Manjaro adalah keluarga Arch Linux sebut saja turunannya maka sistem manajemen paketnya pun sama seperti induknya. Ada yang namanya pacman. Pacman ini sama halnya seperti apt-get di keluarga Debian dan Ubuntu.

Kesulitan yang saya alami saat itu pada keyring sistem operasi. Entah itu apa keyring yang jelas ini agar sistem yang dipakai bisa ter-up to date saat memperbarui sistem tersebut. Pertama sekali saya dibungkan denga yang namanya keyring. Erornya seperti ini:

[bash]
:: Proceed with installation? [Y/n] y

(531/531) checking keys in keyring [######################] 100%
downloading required keys…
:: Import PGP key 4096R/, "Antonio Rojas <arojas@us.es>", created: 2014-10-22? [Y/n] y
error: key "Antonio Rojas <arojas@us.es>" could not be imported
error: required key missing from keyring
error: failed to commit transaction (unexpected error)
Errors occurred, no packages were upgraded.
[/bash]

Saya lakukan beberapa perintah seperti ini:

[bash]
pacman -Syu
pacman -S manjaro-keyring
[/bash]

Saya ganti dengan nama di atas:

[bash]
pacman -S antonio-keyring
[/bash]

Hasilnya masih sama dan nihil babar blas. Tapi saya tidak menyerah begitu saja. Teringat denga Arch maka saya ganti dengan Arch keyring, mungkin ini bisa berhasil. Dengan sistem coba – coba saya lakukan perintah:

[bash]
pacman -S arch-keyring
pacman -Syu
[/bash]

Proses pun berlangsung dengan cepat dan alhamdulillah berhasil. Saya ikuti terus perkembangan proses unduh dan instal. Sangat penting sekali harus memperhatikan perjalanan penginstalan karena sewaktu – waktu ada perintah untuk eksekusi yes atau no buat mengintal sistem tersebut. Jangan lupa kalau sudah selesai pengintalan proses update dilanjutkan restart komputernya. Selamat mencoba dan semoga membantu.