Apa itu IRC? IRC sendiri akronim dari Internet Relay Chat. IRC ini memang fungsinya untuk chating (obrolan). Sebelum ada sosial messenger lainnya, irc ini juga sudah ada lebih dulu.

Saya kenal IRC pada saat tahun 2008, waktu itu masih menggunakan web pages miRC. Tapi setelahnya itu saya lupa, karena sudah lama sekali tidak pakai IRC. Nah karena saat ini akses chating dengan IRC semakin mudah, maka sangat bagus sekali untuk nongkrong dan ngobrol bareng. Sebelum menggunakan AndroIRC, Anda harus menginstal lebih dulu di google playstore. Cari dengan kata kunci “AndroIRC”.

Buka aplikasi AndroIRC, untuk memulainya Anda harus mengatur lebih dulu informasi nickname Anda. Apa itu nickname? Nickname adalah nama pendek yang unik. Kenapa? IRC mengidentifikasi nickname yang Anda punya. Apabila ada kesamaan nickname, maka Anda kan secara otomatis ganti. Sebab nickname yang Anda pakai kemungkinan sudah terdaftar dan teridentifikasi oleh server irc.

andorirc

Jadi buatlah nickname yang unik, misal (botolkecap, 33limabelas, dll). Untuk mengatur nickname, Anda harus mengaturnya. Sentuh options/pengaturan pilih nickname.

Setelahnya konek ke server irc, misalkan irc.freenode.net. Pilih options >> connect, pilih freenode (EN). Tunggu beberapa saat nanti akan keluar informasi nickname dan lain – lain. Jika sudah terkoneksi tinggal masuk ke channel yang ada di server irc tersebut. Ketik saja perintah ini:

[bash]
/join #kalikudi
[/bash]

Tunggu sampai ada jendela baru di AndroIRC. Selanjutnya Anda bisa chating dengan nickname yang sudah ada di sana. Untuk keluar channel:

[bash]
/leave
/quit
[/bash]

ganti nick
[bahs]
/nick nama_nick_Anda
[/bash]
contoh:

[bash]
/nick oke
[/bash]

Bagaimana bila ingin registrasi nickname Anda? Biar tidak ada yang bisa menyamai memang harus diregistrasi nick Anda. Posisi pada nickname yang sedang diinginkan misalkan iwakpy.

[bash]
/msg NickServ register [nama email Anda] [password] contoh,
/msg NickServ register teknikmint@gmail.com abXds354
[/bash]

Nanti akan ada notifikasi yang dikirim ke email Anda. Ikuti petunjuk yang dikirim dari server irc tersebut. Pada saat baru masuk ke chanel di irc, untuk mengidentifikasi bahwa nickname itu yang punya Anda maka harus mengkonfirmasikan ke server irc. Dengan cara:

[bash]
/msg NickServ identify <passwordAnda>
[/bash]