Bismillah.

Hari ini saya pengin sharing bagaimana cara membuat efek long shadow. Efek ini lagi buming juga loh, banyak logo – logo maupun icon yang pakai efek ini. Yuk disimak bagaimana bumbu – bumbunya, emang mau masak. 😀

Untuk membuat efek tesebut kita siapkan dulu gambar yang sudah menjadi path. Jika belum silakan ke menu Path >> Object to path. Atau juga bisa dengan menekan tombol Shift + Ctrl + C.

Selanjutnya klik objek yang akan dieksekusi, pergilah ke menu Extensions >> Generate from paths >> Motion.

extensions-motions

Men-generat objek gambar

Lihat jendela pengaturan motions, aturlah sedemikan rupa bisa seperti pada gambar. Lalu lakukan apply. Tunggu beberapa saat dan proses generat akan suskses.

atur-motions

Atur motions-nya

Keterangan:

  • Magnitude : adalah panjang dari motions gambar nantinya
  • Angle : sudut generat motions

Pisahkan hasil generat objek gambar dengan gambar asli. Lakukan ungroup dan union hasil generat itu. Berilah warna hitam misalnya (hanya untuk membedakan warna dasar saja).

Setelahnya duplikat background dan posisikan pada di bawah hasil objek generat tadi, intersect gambar tersebut agar sesuai pada bidang background. Pergi ke menu Path >> Intersections (Ctrl+*). Tara sudah jadi, hasilnya. Jika kurang puas dengan artikel ini, silakan lihat videonya.