Setelah mempelajari sistem manajemen paket aplikasi berlanjut dengan bagaimana menambah dan menghapus repository dan ppa. Apa sih yang disebut dengan repository? Bagaimana dengan ppa? Pengertian dari repository yakni sekumpulan dari kode – kode paket aplikasi yang bisa di dapat dari sebuah alamat url. Sementara ppa adalah paket – paket aplikasi tambahan yang diperlukan untuk penginstalan aplikasi yang tidak terdaftar di dalam repository official.

Dengan Synaptic

Penggunaan Synaptic sering sekali dipakai dalam proses menginstal maupun mengupdate kode sumber. Selain itu menambah dan mengahpus repository juga bisa dilakukan dengan aplikasi ini. Dengan tampilan GUI aplikasi syanptic akan memudahkan pengoperasian pengguna baru di Gnu/Linux. Gambar antarmuka aplikasi Synaptic Packages Manager seperti ini.

synaptic-packages-managerKeterangan:

  • Kotak Pencarian. Bisa digunakan untuk mencari aplikasi yang akan diinstal
  • List atau daftar aplikasi
  • Reload, untuk mereload jika ada perubahan daftar repository atau ppa

Apply, untuk mengeksekusi hasil dari pencarian aplikasi yang akan diisntal. Tentunya sudah di centang atau di pilih.

Sedangkan untuk menambahkan repository pergi ke menu Settings>>Repository.

add-repositoryKeterangan:

Official Repository >> Mirror

Dalam tab menu mirror, bisa diganti mirror repository terdekat. Misalkan berada di Indonesia bisa memakai dari kambing.ui dan kartolo.sby seperti pada gambar. Atau bisa juga memakai repository dari Singapur maupun negara tetangga. Atur sedemikian rupa agar proses download aplikasi tidak lambat. (Baca juga mengganti repository Lokal)

PPAs

Menu PPAs ini yang menjadi tambahan link ppa. Jika suatu saat ingin menginstal aplikasi tidak bisa, karena tidak tersedia di repository official maka harus ditambahkan dengan ppa terkait. Misalkan ingin menambahkan ppa dari noobslab tentunya harus menambahkan link ppa sesuai dengan kebutuhan. Untuk menambahkan ppa yakni:

Klik tab menu PPAs, akan terlihat kumpulan ppa yang sudah ada. Umumnya format ppa adalah ppa:username/ppa. Contohnya:

[bash]
ppa:noobslab/themes
ppa:noobslab/icons
[/bash]

Additional repositories

Jika memiliki Kumpulan CD Repository bisa dijalankan dan diedit file repositorynya di sini. Tinggal enable CD Room;[Linux dan apply sekaligus lakukan update.

Authentications Keys

Untuk tab menu ini berisikan tentang daftar repository keys dan ppa keys yang terdapat di sistem komputer Anda.

Maintenance, untuk mengatasi permasalhan reposiitori dan ppa yang missing.

Dengan Terminal

Cara di atas dengan menggunakan Synaptic Packages Manager dengan tampilan GUI. Bagaimana dengan menggunakan Terminal console? Penggunaan terminal console ini lebih ringkas dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Tidak klik ini dan klik itu. Sebagai contoh:

Menambah daftar repository

[bash]
sudo -i
vim /etc/apt/sources.list
[/bash]

Note: vim bisa diganti dengan jenis teks editor lainnya. Seperti pluma, gedit, mousepad dan lain – lain.

Masukan beberapa daftar repository yang sesuai dengan sistem operasi Anda. Keluar dari teks editor dan simpan. Lalu lakukan update paket source-nya.

[bash]
apt-get update
[/bash]

Sedangkan untuk menambahkan ppa antara lain seperti ini.

[bash]
sudo -i
add-apt-repository ppa:noobslab/themes [enter]
[/bash]

Tunggu proses dan enter lagi, lalu update paket source-nya.

[bash]
apt-get update
[/bash]

Dari kedua cara di atas dapat disimpulkan bahwa penambahan repository dan ppa lebih ringkas dengan menggunakan terminal. Namun jika Anda masih ragu dan belum paham, menggunakan Synaptic juga sangat dianjurkan.