Bismillah,

Ini baru kali pertama mencoba desktop KDE. Ada beberapa yang bilang, jenis desktop KDE itu berat, tapi cantik. Nah, saya penasaran dengan semua pertakataan itu. Oleh karenanya, saya install dan coba menggunakan KDE di Linux Mint Qiana.

Untuk informasi bahwa jenis desktop default Linux Mint yang saya pakai adalah Xfce. Saya suka dengan desktop ini, ringan dan mudah dikonfigurasi (bagi yang suka oprek – oprek desktop). Tapi saya tidak akan membahas tentang Xfce. Lalu bagaimana saya harus memulai dengan KDE?

Menginstal KDE

Ternyata untuk menginstal jenis desktop KDE ada tiga variasi atau pilihan, antara lain:

Kubuntu Desktop

Jenis desktop ini merupakan paket dari Kubuntu. Secara keseluruhan nantinya desktop yang terinstall akan sama persis isinya dengan desktop sistem Kubuntu. Desktop Kubuntu ini menyertakan juga aplikasi pendukung lainnya, seperti Libreoffice, Kontact, Konversations, Amarok, K3B, dan lain – lain.

[bash]
sudo apt-get install kubuntu-desktop
[/bash]

KDE Full

Bagaimana dengan ini? Dari namanya saja Full, pastinya ini menginstall secara full dari seluruh paket dan dukungan aplikasi yang disertakan oleh desktop KDE. Antara lain seperti: kdegames, kdeaccessibilty, kdeplasma-addons, kdeadmin, kdeartwork, kdegraphics, kdemultimedia, kdenetwork, kdepim, kdesdk, kdeutils, kdewebdev, dan pake kde plasma.

[bash]
sudo apt-get install kde-full
[/bash]

KDE Plasma Desktop

Yang terakhir adalah KDE Plasma. Isi dari paket KDE Plasma ini minimal paket kde, bisa diartikan bahwa paket – paket aplikasi dukungan KDE hanya sedikit yang terisntal. Seperti: kdebase-apps, kdebase-runtime, kdebase-workspace, dan kdm.

Karena ada tiga pilihan di atas, maka saya memutskan untuk menginstal yang pilihan terkahir. Kenapa? Menurut saya ini paket desktopnya sedikit, berarti proses unduh pun lebih ringkas waktunya.

[bash]
sudo apt-get install kde-plasma-desktop
[/bash]

Ini hanya sekedar tampilan desktop saya.

snapshot_kde

Desktop KDE Plasma

Oya, agar lebih ringan sedikit ada beberapa cara dilakukan seperti:

  • mengganti tema,
  • menonaktifkan effect desktop
  • menonaktifkan akonadi server
  • menonaktifkan splashscreen saat startup

Semoga bermanfaat, dan saya mulai bereksperimen dengan KDE. Selamat berjuang dan selamat menikmati, 😀

Keterangan:

  • Desktop KDE Plasma
  • Tema Oxygen
  • Icons Masalla
  • Screenshot dengan Ksnapshot
  • Widgets Clock
  • Wallpaper : Ora ngapak ora kenepan

Rujukan:

https://help.ubuntu.com/community/InstallingKDE