Saat menemukan eror di sistem operasi berbasis Gnu/Linux tentunya ada detail pesan erornya. Janganlah panik dengan eror tersebut. Kemungkinan eror tersebut adalah bug atau memang Anda telah mengkonfigurasi suatu sistem yang belum selesai.

Membaca Detail Eror

Temukan berbagai informasi eror yang ditemukan pada waktu itu. Baca dan pahami pesan apa yang ada di eror tersebut. Dengan membaca maka Anda sedikitnya dapat berimajinasi tentang masalah eror itu.

Budayakan Googling

Kenapa saya pilih budayakan googling bukan bertanya? Ya, di internet tentulah ada banyak sekali informasi terkait artikel apa saja. Seperti eror yang Anda rasakan maupun informasi yang lain. Dari sinilah Anda berawal mengatasi eror tersebut. Istilahnya Anda harus berusaha lebih dulu sekuat dan semampunya mengatasi permasalahan tersebut. Dari googling maka dapat mengetahui solusi dari informasi terkait.

google

Jika Anda bingung mencari kata kunci yang pas dari masalah eror Anda, tinggal salin saja pesan erornya di mesin pencari. Nanti juga ada saran dari pencarian kata kunci tersebut. Memang tentunya yang ditemukan berbahasa Inggris. Jika susah dengan bahasa Inggris, translate saja di google translate. Semua tindakan yang mempermudah Anda pastinya akan mempercepat menemukan solusi dari permasalahan tersebut.

Sudah Pusing dengan Eror tersebut.

Kalau memang sudah benar – benar kepalang puyengnya dengan eror yang dihadapi barulah sekarang budayakan bertanya. Tanyakan dengan etika yang baik dan sopan di grup atau forum komunitas tertentu sesuai dengan aturan masing – masing.

Bertanya pun harus yang pintar? Loh masa bertanya harus pintar. Ya memang, pintar ini adalah menginformasikan seluruh kegiatan Anda dari eror yang dihadapi. Dari yang sudah dilakukan, pesan eror apa saja, gambar erornya, sistem yang Anda pakai, sampai sepesifikasi hardware (jika perlu), dan link artikel terkait yang dijadikan panduan masalah Anda. Jika informasinya lengkap pastilah akan sangat membantu para member dari grup itu untuk membantu Anda juga. Istilahnya ada aksi membantu pasti ada reaksi membantu juga dari infomarsi tersebut.

Ini salah satu eror yang saya hadapi kemarin – kemarin ini. Bisa menjadikan Anda acuan bagaimana menghadapinya. Tetapi saya hadapi sendiri tanpa googling. 🙂

http://waahyu.my.id/blog/solved-sudo-unable-to-resolve-hostname/