Kadang – kadang saat mengedit gambar ada perlunya menggabungkan satu gambar dengan gambar yang lainnya. Seperti pada Photoshop, aplikasi Gimp juga bisa melakukan hal yang sama.

Untuk menggabungkan gambar diperlukan beberapa layer. Layer ini berbeda – beda isi gambar objeknya. Bisa diisi dengan background, kartun, benda, orang, dan lain – lain. Saya akan mencoba sharing bagaimana menggabungkan dua gambar atau lebih di aplikasi Gimp.

  • Buat dokumen baru di menu File >> New Documen atau pencet tombol Ctrl+N
  • Buka beberapa gambar, saya pilih 3 gambar kartun yaitu, thomas, jerry, dan scooby.

Seleksi masing – masing gambar tersebut. Kebetulan gambar yang saya ambil sebagai contoh ternyata gambarnya kecil dan pecah. Jadi, otomatis harus menyeleksi gambar dengan Paths Tool. Walaupun warna dasarnya sama, tetapi masih ada bercak – bercak gambar pecah dan jika pakai Fuzzy Select Tool, bercak – bercak tersebut tidak ikut terseleksi.

Hal yang paling sering dilakukan saat menggunakan Gimp atau mengedit gambar adalah seleksi. Tentulah pekerjaan seleksi gambar menjadi sangat sabar dan telaten. Apalagi jika gambarnya pecah dan komposisi warna yang kompleks maka akan bekerja ekstra keras untuk menyeleksi suatu objek gambar. Lihat gambar di bawah ini, adalah seleksi paths tool yang sudah melingkari objek gambar. Sampai di sini belum ada garis seleksi.

selections-with-path

Untuk menjadikan titik – titik Paths Tool berubah ke seleksi harus dilakukan, klik kanan >> Select >> From Path. Fungsi ini akan mengubah titik – titik paths menjadi garis – garis seleksi. Selanjutnya tinggal Add aplha channel biar warna dasar bisa dibuang. Lakuken seleksi pada gambar yang lain juga biar warna dasarnya hilang.

Menggabungkan Gambar

Setelah proses seleksi selesai, lanjut dilakukan menggabungkan gambar menjadi satu. Tinggal copy dan pastekan saja ke dokumen baru yang telah dibuat. Jika ada gambar seperti ini,

to-new-layer

klik kanan >> To New Layer. Fungsinya agar hasil paste tadi menjadi layer baru yang berbentuk objek gambar hasil paste.

Ini hasil dari menggabungkan ketiga gambar tadi. Coba praktikan juga oleh Anda, jika ada pertanyaan bisa hubungi saya di komentar. Terima kasih, semoga bermanfaat.
gabungkan-gambar