Pada saat mengedit gambar tentunya ada saatnya akan mengganti warna background. Entah itu menggantinya dengan gradasi warna, maupun dengan gambar pemandangan.

Sebagai contoh untuk penggunaan pas foto. Tentunya diperlukan untuk menghapus warna latar belakang hasil jepreten foto tersebut. Fungsi ini diperlukan sangat diperlukan. Jika Anda sudah terbiasa dengan aplikasi Photoshop pastinya mudah untuk mengikuti cara ini. Namun ada sedikit ada perbedaannya, pastinya beda aplikasi beda lagi ceritanya.

Lanjut saja peralatan yang diperlukan tentunya gambar objek yang akan dieksekusi. Buka dengan menu File >> Open atau dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + O. Bisa juga dengan cara membuka aplikasi Gimp lebih dulu, lalu lakukan drug dan drop gambar target ke aplikasi Gimp. Cara ini akan mempercepat dalam membuka gambar ke aplikasi Gimp.

Tahapan Seleksi

Pada kondisi ini saya menggunakan gambar github dengan warna dasar putih. Untuk tahapan seleksi dengan warna dasar yang sama atau satu warna bisa menggunakan Fuzzy Select Tool (U). Fungsi tool seleksi ini sama dengan Magic Wand Tool di Photoshop. Lakukan seleksi warna dasar tersebut, untuk menggabungkan seleksinya sambil menekan tombol SHIFT di keyboard. Sementara untuk melakukan Zoom bisa menggunakan scroll sambil menekan tombol Ctrl. Memperbesar gambar saat seleksi ini sangat penting agar target seleksi warna rapih dan tepat.

Menghapus Warna Dasar

Saat menghapus warna dasar gambar tidak bisa langsung saja menekan tombol delete. Coba saja kalau memang bisa. Pastinya jika hanya menghapus dengan tombol delete gambar tersebut tidak transparan melainkan hanya menghapus warna utama dan mengganti dengan warna foreground default pada aplikasi Gimp.

Hal seperti ini banyak yang belum tahu, seperti saya dulu saat baru menggunakan Gimp. Bagaimana agar bisa menghapus total warna dasarnya sehingga hanya tinggal gambar objek saja? Anda harus menggunakan Alpha Channel, fungsi dari alpha channel ini untuk mengaktifkan fitur transparasi pada gambar yang warna dasarnya dikunci. Untuk mengaktifkannya caranya:

  • Pilih layer gambar dan klik kanan
  • Pilih Add Alpha Channel

Setelah melakukan hal tersebut, sekarang hapus warna dasarnya. Nanti akan seperti ini, ada warna dasar kotak – kotak yang dinamakan transparasi gambar. Bukan warna dasar, jadi jika akan diekspor ke bentuk file *.png gambar tersebut tidak memiliki warna dasar. Hanya gambar objek saja.

Hasil Seleksi Belum Rapih

Sering sekali menjumpai hasi seleksi kurang rapih. Seperti masih ada warna putih di pinggir gambar objek. Bisa lihat gambar berikut.

sebelum-dishrink

Gambar di atas bisa kita rapihkan dengan menghapus lagi dari hasil seleksi. Namun seleksinya harus di shrink atau diubah target seleksinya. Agak menjorok ke dalam sehingga warna putih pada pinggir gambar terseleksi dan bisa dihapus. Caranya sangat mudah antara lain:

  • klik layer gambar, klik kanan >> Alpha to Selections (fungsinya untuk menyeleksi gambar objek di layer alpha)
  • klik kanan di gambar, pilih select>> shrink (nanti akan keluar jendela seperit ini)

select-shrink

  • Isikan berapa nilai pixel untuk men-shrink seleksinya. Agar tidak terlalu banyak buat saja defaultnya yaitu 1 pixel saja.

Perubahannya akan tampak seperti 2 gambar ini.

sebelum-shrink

Sebelum di Shrink Select

 

sesudah-shrink

Sesudah di Shrink Select

Lakukan invert seleksi, klik kanan >> Select>> Invert atau bisa menekan tombol Ctrl+I. Invert ini untuk membalikan seleksi yang tadinya menyeleksi objek gambar lalu dibalikan (invert) ke background. Jadi sekarang yang diseleksi adalah background-nya. Tinggal delete saja warna background tersebut. Hasil dari merapihkan seleksi seperti ini.

sebelum-dishrink

Sebelum shrink seleksi

 

sesudah-dishrink

Hasilnya

 

Mengganti Warna Dasar

Buat layer baru dengan menekan tombol Shift+Ctrl+N dan letakan layer baru tersebut di bawah gambar objek. Pilih warna yang pada foreground and background tool, dan pilih Bucket Fill tool (Shift +B). Pastikan layer baru terpilih atau aktif dan klik aja di bidang layer tersebut. Nanti hasilnya seperti ini.

ganti-background

Simpan

Tinggal menyimpan hasil dari editan gambar tersebut. Secara defualt ekstensi format fila Gimp adalah *.xcf. Namun jika ingin menyimpan gambar dengan ekstensi *.jpg, *.jpeg, *.png atau yang lainnya, Anda harus mengekspornya bukan menyimpannya.

Oke kali ini itu dulu, nanti akan saya tambah lagi cara – cara mengunakan aplikasi Gimp. Terima kasih, semoga bermanfaat dan tetap sering – sering praktik dengan aplikasi Gimp biar cepat lancar.