Pada sistem kerja suatu perusahaan pastinya ada yang namanya FIFO. Sebenarnya apa itu FIFO? Bagaimana kita bisa menjadikan kinerja yang baik dengan metode kerja FIFO? Bagaimana juga meminimalisir barang jadi atau bahan baku yang baik? Nah, segelumit tulisan ini akan membahas sedikit saja tentang FIFO.

Apa si FIFO?

FIFO merupakan akronim dari First In, First Out. Yang dapat diartikan bahwa, semua barang entah itu bahan baku atau barang jadi (siap jual) yang baru masuk, itulah yang harus dikeluarkan lebih dulu. Baik nantinya akan dipakai produksi (bahan baku) atau dijual ke pelanggan (barang jadi).

Secara sistem kerja seperti ini tentunya akan meminimalisir kerugian daripada barang – barang (stok) yang sudah lama. Apabila barang lama tidak dijual lebih dulu, pastilah akan mengendap di gudang, dan mungkin akan kadaluarsa (jika itu makanan/obat/dll).

Setiap kali ada barang yang masuk, tentulah barang yang baru masuk harus keluar lebih dulu. Bukan sebaliknya, keluar belakangan. Walaupun barang masuknya sudah beberapa hari, tetap dalam acuan sistem kerja FIFO.

Keuntungan FIFO

Metode FIFO ini sangat diprioritaskan oleh semua perusahaan diberbagai bidang. Entah itu makanan, bahan baku, sampai pada obat – obatan pun demikian. Metode ini keuntungannya sangatlah banyak untuk suatu perusahaan. Sebagai contoh:

  • Meminimalisir barang stok lama mengendap
  • Barang akan terus tertata rapih sesuai pada tanggal masuknya.
  • Tidak ada stok barang lama yang terlewatkan dan akhirnya kadaluarsa dan dibuang.

Cara kerja FIFO

Sedikit cara kerja FIFO sendiri sangatlah mudah. Hanya menata barang yang masuk sesuai pada urutan atau antrean masuk. Dalam pengambilan untuk produksi atau penjualan juga disesuaikan pada tanggal masuknya. Yang lebih dulu masuk itulah yang akan dijual atau diproduksi.

Untuk penataan bahan baku misalnya, apabila terjadi kepenuhan tempat dalam satu jenis bahan baku. Tetapi berbeda ukuran atau merek, harus ditata dalam satu tumpukan yang rapih dalam satu tempat tersebut. Dengan kejelasan keterangan dari barang tersebut, bisa dengan menempelkan kertas yang berisi perbedaan dari barang itu.

FIFO juga sebenarnya harus selalu update dalam satu hari itu juga. Minimal dalam seminggu harus ditata rapih dalam kondisi sesuai pada tanggal masuk yang mana yang lebih dulu.