Beberapa waktu ini saya bekerja keras untuk mengatur beberapa hal agar web ini terlihat bagus. Dalam artian mudah dipahami, tidak lambat dalam mengakses halaman web, serta kunci – kunci sebagaimana web itu bisa dikatakan sebagai media dokumentasi yang berguna.

Memang saat baru pertama membuat web atau blog akan terasa sangat kerjanya sebagai seorang pemilik. Akan dikemanakan web tersebut dan apakah bisa menjadi ajang informasi yang baik dan berguna bagi pemilik dan pembaca (khususnya). Seperti halnya isi web ini yang Insyaallah dengan sekuat dan semampu saya untuk mendedikasikan web ini sebagai media informasi yang layak.

Sebelum jauh mengarah ke sana. Saya harus bekerja ekstra mengurus sebagaimana mestinya web ini. Pengaturan seperti tema, indeksi mesin pencari, SEO (ini mejadi sangat penting walaupun saya tidak begitu paham dan tidak jago) dan isi konten yang akan dibuat.

Bagaimana kabar tema yang dipakai?

Saat saya melihat beberapa website atau blog di internet begitu bagusnya tema yang dipakai. Tetapi menurut orang beda – beda nilai bagusnya ini seperti apa. Menurut pribadi saya tema suatu website yang bagus adalah mudah dibaca (isi kontennya), ringan saat akses halaman web, tidak terlalu rame dengan iklan yang memenuhi halaman web. Walaupun iklan ini menjadi sumber penghasilan si pemilik web. Tetapi akan menjadi bumerang juga bagi pengunjung apabila mengakses halaman website Anda yang lama karena penuh dengan iklan. Maaf bila saya salah, koreksi saja.

Bagaimana dengan SEO?

Saya juga tidak paham apa itu SEO. Yang saya tahu hanya membuat web dan mengisi dengan konten – konten yang bagus dan menarik. Penggunaan SEO ini harus dilakukan juga, karena untuk mengatur indeksi mesin pencari. Anda perlu menginstal plugins tambahan yaitu All in One SEO[1] (yang saya gunakan).

Indeksi Mesin Pencari

Nah yang ini menjadi suatu faktor terpenting agar website Anda bisa dicari di mesin pencari seperti google, bing dan lain – lain. Saya akan berikan satu contoh menggunakan indeksi pencari google.

Pergi ke sana[2] untuk membuat suatu web master di google. Masuk dan daftarkan nama domain website Anda. (lihat gambat)

add-domain-webmasterPilih model verifikasi, untuk saat ini saya memilih model tag meta verifikasi (lihat gambar).

verifikasi-meta-tag-webmasterSalin hasil kode unik dari tag meta ke web master verifikasii di All in One SEO yang sudah diinstal (lihat gambar). Simpan atau update setting. Selanjutnya tinggal klik verifikasi di google web master tersebut. Selanjutnya atur sendiri bagaimana penggunaan web master bing atau yang lainnya.

verifikasi-webmasterPermalink website

Atur alamat website suatu artikel yang akan ditampilkan di browser. Setting >> Permalinks. Lihat gambar sebagai contohnya. Anda bisa memilih sendiri sesuai dengan selera Anda.

permalinks

  1. https://wordpress.org/plugins/search.php?q=all+in+one+seo
  2. https://www.google.com/webmasters

Tulisan ini dibuat dengan:

  • LibreOffice Writer
  • Screenshot dengan Scrot
  • Edit gambar dengan Gimp