Cilacap – Pagelaran wayang kulit di Desa Kalikudi malam hari ini (26/9/2015). Acara dibuka dengan pementasan kuda kepang dari siswa – siswi SD N 02 Kalikudi.

Tembang Macapat pun dinyanyikan oleh para kasinoman. Beberapa tembang lagu Macapat seperti Maskumambang, Pucung, Gatruh, Mijil, Kinanthi, Gambuh, Asmarandana, Sinom, Dhandhangula, Durma, Pangkur. Tembang Macapatan ini harus dilestarikan. Karena pemuda dan pemudi sekarang ini sudah tidak tahu lagi apa itu Macapatan. Tahunya ya lagu Pop, Rock, Metal, dan lain – lain. Tetapi tidak sedikit juga yang masih antusiasnya tinggi dengan tembang Macapatan untuk para pemuda di Desa Kalikudi.

Pagelaran wayang kulit ini dalangnya kecil loh, alias dalang cilik namanya Shindu. Ini penerus generasi muda masyarakat desa Kalikudi. Ini kali pertama si dalang Cilik pentas di Desa Kalikudi. Dia masih sekolah kelas 2 SMK di Solo. Bapak Bupati Cilacap juga hadir untuk menyaksikan pagelaran wayang kulit. Beliau menyerahkan wayang kulit sebagai simbol mulainya pagelaran wayang.

Rujukan:

  • atapkalikudi.org
  • gambar dari twitter: @lakpesdamclp