Bismillah.

Alhamdulillah hari ini saya habis jalan – jalan menghilangkan penat sejenak dari kehidupan yang blunder ini. Biasanya kalau main si cuma ke Mall dan Mall aja. Itung – itung sambil cuci mata (bukan pake sabun/deterjen). Kalau ke pantai sudah bosan mungkin, karena sudah deket pantai kampungnya wkwkw.. 😀

Perjalanan hari ini cukup melelahkan. Betapa tidak lelah, lah wong dari Tangerang menuju Bekasi. Padahal di Tangerang saja sudah ada Mall, yaitu Tang City. Cuma itu – itu aja jadi mungkin agak bosan. Nah kalau di Bekasi mencari suasana baru, mungkin karena sudah lama tidak singgah ke sana.

Pembangunan Jalan Bawah Tanah Stasiun

Kalau saya ini biasanya ke mana – mana ya naik KRL Commuterline, atau angkot. Saya lebih suka dengan fasilitas umum dari pada naik motor sendiri, padahal memang tidak ada motor.

Berhubung naik KRL Commuterline, tentulah saya harus melakukan transit dua kali di stasiun Duri dan stasiun Manggarai untuk ke Bekasi. Di stasiun Manggarai sudah sejak kapan saya lupa memang sedang ada proyek pembangunan jalan ruang bawah tanah untuk para penumpang.

Ruang bawah tanah ini akan digunakan oleh penumpang sebagai jalan menuju pilihan peron kereta Commuterline. Seperti halnya di stasiun Senen, pastilah kita harus turun menelusuri ruang bawah tanah menuju peron kereta api.

penggalian-ruang-jalan-bawah-tanah-stas.manggarai

Penggalian ruang jalan bawah tanah Stas. Manggarai

Lihatlah gambar di atas! Gambar tersebut bukan penampakan sampah yang menggunung. Melainkan proyek kedua peron yang sedang dikerjakan. Peron pertama sudah hampir selesai, sedangkan peron yang kedua ini sedang tahap penggalian tanah.

Pelayanan KAI

Pelayanan KAI memang selalu ditambah sebagai kenyamanan para pengguna KRL Commuterline. Seperti halnya ruang jalan bawah tanah di Stasiun Manggarai. Pembangunan proyek ini tentulah demi kenyamana dan keselamatan para penumpang. Memang benar, saat penumpang menyeberan tentu harus wasapada. Karena mereka menyebrang pada perlintasan KRL Commuterline. Ini sangat berbahaya sekali!.

ruang-jalan-bawah-tanah-pertama-stas.manggarai

Pembangunan ruang jalan bawah tanah pertama Stas. Manggarai

 

Di satu sisi lain kita dapat mengintip ke beberapa stasiun seperti stasiun Cikini, Juanda, atau bahkan stasiun Tanah Abang. Di stasiun tersebut ruang jalan penumpang untuk berpindah ke beberapa peron kereta api tujuan ada di atas. Mereka harus naik tangga untuk menyeberang perlintasan rel kereta api. Jadi tidak ada yang menyeberang melalui rel kereta api langsung.

Kembali lagi ke Manggarai

Dan mungkin proses pembangunan ruang jalan bawah tanah secepatnya dirampungkan. Agar para penumpang KRL Comuterline dapat menggunakan fasilitas stasiun dengan gembira. Mereka pun jadi nyaman dan aman.