Perjalanan ini ketika saya iseng dan ingin mendokumentasikan apa yang telah saya lakukan. Dari pada mengupdate status facebook atau twitter. Jadi saya dokumentasikan di blog saja. Pertama kali membuat blog dengan menggunakan layanan gratisan seperti blogspot atau wordpress. Layanan ini sangat membantu sekali bagi yang suka nulis dan dipubilkasikan di blognya masing – masing.

Website atau blog yang saya buat dan masih aktif sekarang ini yaitu webwahyu.wordpress.com dan linuxmintku.wordpress..com. Dengan bertambahnya satu domain lagi yaitu waahyu.my.id jadi sekarang saya punya tiga blog. Haha, bingung atau tidak pastinya tetap akan diurus sebisa saya.

Apa sih domain dan hosting?

Domain adalah nama alamat yang tertera di browser, seperti waahyu.my.id linuxmintku.wordpress.com dan sebagainya. Istilahnya domain itu nama alamat website Anda. Sedangkan hosting bisa diartikan sebagai rumahnya. Kenapa rumahnya? Suatu alamat tentunya harus memiliki rumah, maka hosting ini disebut rumah dari domain. Kegunaannya tentunya untuk menyimpan berkas – berkas dari suatu domain tersebut.

Registrasi domain

Untuk saat ini domain waahyu.my.id teregistrasi dengan layanan dari niagahoster. Saya juga sekalian memebeli layanan hosting di niagahioster, dari pada terpisah – pisah nanti jadi bingung jadi saya satukan saja pembelian domain dan hostingnya.

hostingDalam membeli layana hosting di niagahoster Anda akan dijumpai beberapa kelas pembelian. Seperti kelas bayi, pelajar, personal dan bisnis. Kelas layanan hosting tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing yang sudah diinformasikan saat Anda akan memilih. Bisa di lihat gambar berikut. Harganya pun berbeda – beda tentunya.

register domainGambar di atas tidak bermaksud untuk promosi. Informasi lebih lanjut silakan langsung saja ke TKP.

Persyaratan registrasi

Sebenarnya ini membuat saya agak jengkel. Persyaratan menggunakan domain co.id my.id maupun .id atau apapun yang menggunakan domain Indonesia (bukan internasional seperti .com .net .org) harus mengirimkan berkas scan KTP. Persyaratan tersebut agar pengelola PANDI dapat mengetahui siapa yang bertanggung jawab atas domain yang didaftarkan. Sebelum Anda mengirimkan kelengkapan berkas, domain tersebut tidak akan aktif. Setelah melengkapi berkas tersebut itu pun harus menunggu verifikasi sampai 24 jam. Tetapi alhamdulillah, domain saya hanya 2 – 3 jam sudah aktif dan bisa digunakan.

Update nama server

Ini sangat penting! Proses update nama server harus dilakukan untuk mempointkan domain Anda ke server hosting yang sudah dibeli. Jika belum diupdate tentunya domain Anda tidak akan bisa diakses kemana tujuan server tersebut. Untuk mengetahui nama server dan mengupdate-nya denga login ke niagahoster:

  • Klik member area,
  • Pilih produk dan layanan, nanti akan diinformasikan tentang domain Anda dan nama server.
  • Pilih tab menu server, klik update

Itu saja sekilas perjalanan pembuatan domain ini. Terima kasih.