Apa itu Path?

Kalau Anda mencarinya di mesin pencari misalkan google, pastinya yang ditemukan adalah jejaring sosial media yang sedang ngetren (katanya). Tetapi yang ini berbeda dengan path yang itu. Path yang dimaksud di sini adalah titik – titik (node) objek gambar. Bisa juga disebut sebagai objek kurva yang bisa diedit , dilengkungkan, dibelokkan, sesuai dengan kebutuhan.

Mengenai path objek, bisa berkenalan dulu dengan gambar di bawah ini.

Objek gambar biasa

Gambar biasa

Gambar sudah ter-path

Gambar sudah ter-path

Ada dua gambar di atas pastinya ada perubahan yang mendasar. Untuk gambat pertama di sudut objek gambar tersebut ada kotak – kotak kecil dan bulat yang berwarna putih. Sedangkan objek gambar kedua di masing – masing sudut gambarnya ada kotak – kotak kecil, oh tidak ini agak miring bisa kita sebut dengan objek belah ketupat. Dari kursor mouse juga ada perbedaannya. Bentuk dari kedua kursor mouse pun berbeda.

Berdasarkan perbedaan kecil tersebut, gambar pertama adalah gambar biasa yang masih belum diapa – apakan. Dengan kata lain baru saja dibuat oleh Anda dengan Rectangle Tool. Sementara untuk gambar kedua sudah diedit dijadikan objek ter-path. Gambar (bukan image) atau objek yang sudah ter-path bisa diedit sesuka hati Anda. Entah akan dilengkungkan, atau dibelokkan, bahkan di hapus titik path-nya pun bisa.

Menumpulkan Objek Gambar

Untuk gambar pertama, hanya bisa sudutnya ditumpulkan saja. Dengan cara double klik objek gambarnya, klik titik bulatannya sekalian menekan tombol Shift + Ctrl, dan drag atau tarik ke bawah, maka masing – masing sudut gambar tersebut akan tumpul. Lihat gambar berikut.

menumpulkan_sudut_gambar

Sudut gambar tumpul

Edit Path Objek Gambar

Pada gambar kedua di atas, kita bisa mengedit titik – titik (nodes) path objeknya. Dari melengkungkan, menghapus nodes – nya, dan lain – lain. Agar diubah menjadi objek yang ter-path, gunakan menu Path >> Object to Path atau pencet tombol Shift + Ctrl + C. Lihat gambar berikut ini.

edit_path_objek

Melengkungkan gambar

Dengan men-double klik gambar yang sudah ter-path, maka akan muncul seperti gambar di atas. Tidak hanya itu, status bar pun ikut berubah menampilkan beberapa menu tamabahan dari fungsi path. Lihat gambar di bawah ini.

path_tool_object

Menu tambahan path tool

Gunakan salah satu menu tambahan di atas, misalkan Symmetric. Lakukan pengeditan sesuka Anda dengan Path Tool

Path

Tulisan ini juga ada bentuk PDF