Kalikudi – Alhamdulillah kegiatan perpisahan kelas 6 Sekolah Dasar Negeri Kalikudi 01 Kecamatan Adipala tahun pelajaran 2016/2017 berjalan lancar. Acara demi acara terlaksana tanpa ada halangan apapun. Walaupun acaranya sederhana, namun memberikan kesan yang berarti kepada adik-adik kelas 6.

Perpisahan yang dilangsungkan pada hari Rabu, 24 Mei 2017 diikuti oleh sejumlah siswa – siswi kelas 6 dan wali murid. Tidak hanya itu, guru-guru beserta komite sekolah juga ikut berpartisipasi dalam acara tersebut.

Pelepasan kelas 6 ini berlangsung sederhana, yang secara simbolis pelepasan atribut sekolah dasar oleh kepala sekolah kepada siswa kelas 6. Dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan tanda tangan berita acara pelepasan siswa kelas 6 yang diwakili oleh salah satu wali murid kelas 6.

Acara demi acara ternyata berlangsung meriah. Sajian seni tari kebudayaan sangat dinikmati oleh para tamu undangan. Pertunjukkan pertama Seni Tari Ande-Ande Lumut yang dibawakan oleh kelas V disela-sela acara sambutan kepala sekolah dan komite sekolah.

Penari Tari Ande-Ande Lumut dari kelas 5

Penari Tari Ande-Ande Lumut dari kelas 5

Ini yang menjadi momen terkesan bagi siswa – siswi kelas 6. Penampilan mereka bersama-sama di atas panggung. Nyanyian pertama himne guru dilanjutkan lagu terima kasihku.

Pada lagu ketiga dengan judul hari nan indah, adik-adik kelas 6 terasa sedih melekat pada raut wajah mereka. Air mata yang tak sanggup ditahan, menetes di pipi sambil menyanyi lagu tersebut.

Selamat tinggal, selamat tinggal

Spanjang hayat tetap kan ku kenang

Ku doakan kebahagiaan

Tuhan melimpahkan

Itulah salah satu potongan nyanyian hari nan indah yang dinyanyikan. Tidak hanya itu juga, salah satu siswa juga membacakan puisi yang menambah suasana haru.

Hari ini tak terasa 6 tahun kita di sini

Gelak tawa, canda, suka dan duka menyelimuti silih berganti

….

Penampilan kelas 6 SDN Kalikudi 01

Penampilan kelas 6 SDN Kalikudi 01

Setelah beralangsungnya acara inti kelas 6 itu, giliran penampilan adik-adik kelas 5 lainnya. Ririn dkk menampilkan tarian yang unik. Tari tersebut adalah Seni Tari Topeng Edan. Tarian dengan topeng wajah yang lucu, dan gerakan tarian yang membuat tawa penonton.

Pertunjukkan Tari Topeng Edan dari Kelas 5 SDN Kalikudi 01

Pertunjukkan Tari Topeng Edan dari Kelas 5 SDN Kalikudi 01

Berbagai hiburan-hiburan lainnya juga ditampilkan oleh kelas 4 dan 5. Mereka saling unjuk kebolehan di atas panggung. Seperti menyanyi, baca puisi, seni tari gembira, tari jaranan, dan sebagainya.

Eits sebenarnya bukan panggung, tapi ruang kelas yang dijadikan panggung. Posisi memang kelas tersebut lebih tinggi dari kelas lain. Sekitar 80 cm tingginya dari lantai kelas lain. Jadi berasa seperti di panggung yang lebar. Wkwkwk 😛

Nah, sekarang kalian sudah dilepas secara dinas oleh sekolahan. Namun, silaturahmi kekeluargaan tetaplah terjalin erat. Kalian jangan bosan-bosan untuk mencoba hal baru dan menggapai cita-cita.

Foto: www.wahyusetiyono.id