Bismillah.

Memasukkan gambar ke salah satu bidang objek seperti teks misalnya atau objek gambar seperti lingkaran sering juga digunakan oleh para pembuat desain. Entah itu desain iklan seperti sepanduk, baligho, dan semacamnya. Fungsi dari memasukkan gambar tersebut akan terlihat lebih rapih pada satu bidang atau jenis objek gambar.

Menggunakan Power Clip di Inkscape

Penggunaan power clip tidak jarang juga digunakan di aplikasi Inkscape. Sering kali mereka menggunakan jenis aplikasi lain seperti CorelDraw untuk memasukkan gambar ke objek tertentu. Memang lebih tepatnya teknik ini pada aplikasi CorelDraw. Tetapi di aplikasi Inkscape juga tersedia fitur yang sama, yaitu dinamakan Set Clip. Bagaimana memulai dan membuat Set Clip?

Pembuatan Set Clip

Buatlah satu objek gambar misalkan teks seperti contoh gambar di bawa ini. Dan masukkan salah satu gambar jadi bisa *.jpg maupun *.png. Posisikan teks di paling atas dari seluruh objek gambar. Jangan lupa untuk menjadikan teks menjadi path, dan menggabungkannya dengan fitur union di menu Path >> Union. Hal ini agar seluruh teks menjadi satu dan mempermudah dalam proses set clip gambar. Atau juga tidak dijadikan path teks tersebut juga bisa.

2-objek-bertumpukkan

Dua objek yang akan dieksekusi

Selanjutnya seleksi teks tesebut dan gambarnya, dilanjutkan denan klik kanan dan pilih Set Clip. Atau menuju ke menu Obejct >> Clip >> Set Clip.

set-clip

Kli kanan >> Set Clip

Dan hasilnya kurang lebih seperti ini, silakan dicoba sendiri.

image6870

Hasil jadi set clip