Sering sekali ada permasalahan gagal penginstalan dualboot. Pada akhirnya sistem operasi yang sudah ada hilang terformat. Begitu juga dengan data – data yang ada di dalam harddisk pun ikut lenyap. Bagaimana itu bisa terjadi? Keteledoran dan tidak begitu paham tentang pemartisian harddisk jadi faktor utama. Untuk itu saya akan mencoba memberikan sedikit arahan.

Peralatan utama sebelum dualboot.

Alat utama yang harus Anda pahami tentang dualboot adalah pemartisian harddisk. Jika memang Anda belum paham, carilah referensi tentang dualboot atau permartisian harddisk. Sudahkah cukup? Menurut saya belum, Anda perlu mempraktikan sendiri dengan catatan harus menggunakan virtualbox atau dengan aplikasi virtual OS yang lain terlebih dahulu. Kenapa saya sarankan virtualbox? Aplikasi ini sangat membantu untuk latihan penginstalan sistem operasi yang akan diinstal sebelum menginstal secara permanen di harddisk.

Peralatan Dualboot

  • File ISO sistem operasi yang sudah ada. Bisa mengunduh di sana[1], di sana [2], atau di sana [3]
  • USB/CD sebagai media bootable
  • Laptop/Komputer dengan harddisk yang cukup
  • Backup Data terlebih dulu
  • Jangan lupa bismilllah

Dua cara tersebut masih belum cukup juga. Anda perlu didampingi oleh teman atau kerabat atau guru Anda yang paham tentang pemartisian harddisk. Janganlah Anda malu untuk meminta bantuan kepada mereka. Salah sedikit saat pemartisian harddisk akan menjadi fatal terhadap data Anda.

  1. http://distrowatch.com/
  2. http://kambing.ui.ac.id/iso/
  3. http://kartolo.sby.datautama.net.id/

Selamat bereksperimen dan selamat belajar dualboot.