Xubuntu Desktop merupakan jenis desktop bawaan dari sistem Xubuntu. Saat menginstal Xubuntu maka ada dua session atau deksktop yang terinstal. Dua session ini adalah XFCE dan Xubuntu session.

Pasalnya dalam satu jenis desktop XFCE agak terlalu berat pada komputer yang saya gunakan. Jadi XFCE ya pake XFCE, untuk Xubuntu Desktop walaupun menggunakan XFCE juga, tapi agak berbeda.

Pemaketan Xubuntu Desktop berisi tema, icon dan wallpaper tersendiri. Berbeda dengan XFCE desktop, yang secara standar menyediakan tema dan icon default.

Nah, untuk Anda yang ingin menghapus Xubuntu Desktop bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini. Buka aplikasi terminal, dan ketikkan perintah berikut ini:

sudo apt purge xubuntu-* -y

Tunggu proses penghapusan data, restart sistem bila diperlukan. Untuk mengecek apakah session sudah berubah atau hilang yang xubuntu session. Lihatlah bagian atas kanan pada icon xfce. Klik dan bila hanya ada xfce session berati xubuntu desktop berhasil terhapus.

Selain itu juga nantinya secara otomatis bila tadinya menggunakan tema xubuntu dan wallpaper xubuntu desktop. Maka tema dan wallpaper tersebut akan berubah menjadi warna solid hitam.