Sering kali seorang pengguna sistem GNU/Linux pastinya akan sering ketik mengetik perintah command line. Nah, pernah berpikir bahwa perintahnya kadang terlalu panjang atau bahkan males ngetik-ngetik perintah yang panjang. Hal seperti ini bisa kita ringkas dengan menggunakan alias pada pengaturan konfigurasi bashnya.

Pengaturan bash pada sistem GNU/Linux ada pada file .bashrc yang berada di folder /home/NAMAUSER. Tapi jika belum ada bisa kita buat saja file tersebut, dan tuliskan beberapa perintah alias yang sering digunakan agar saat mengeksekusi perintah tinggal mengetikkan alias dari perintah tersebut. Pastikkan berada di /home/NAMAUSER, lakukan perintah beriktu.

Note: Ganti perinitah vim dengan teks editor lainnya seperti gedit, mousepad, leafpad, dan sebagainya.

Tuliskan beberapa alias seperti di bawah ini. Atau jika malas, kamu juga boleh meniru dengan menyalin isi dari konfigurasi .bashrc yang saya pakai.

Sudah? Tinggal simpan, selanjutnya tes dengan ekseksui perintah update misalnya. Jika belum, coba restart sistem komputernya. Nah, sekarang ini saya juga menggunakan alias perintah tersebut agar mempercepat pengetikkan perintah yang panjang. Hehehe.. 😀