Setelah lama saya menggunakan sistem Linux Mint 17.0 “Qiana” akhirnya sekarang beralih ke versi yang lebih tinggi. Saya gunakan versi yang LTS saja biar aman, Linux Mint 18.0 “Sarah” menjadi pilihan.

Kenapa saya pilih Linux Mint 18.0 LTS?

Jawaban yang pasti adalah karena dukungan sistem tersebut LTS atau Long term support. Dukungannya hingga lima tahun kedepan sejak dirilis secara resmi. Walaupun versi dari anakan Sarah ada beberapa, namun saya tetap memilih sang induknya.

Proses instalasi tidak begitu sulit, karena memang sudah terintal versi Linux Mint 17.0. Lokasi partisi harddisk juga tidak saya ubah, untuk mempercepat proses penginstalan. Saya hanya memformat sistem Linux Mint 17.0 untuk dijadikan versi 18.0. Begitu pula dengan partisi home, saya juga menformatnya.

Kenapa XFCE yang saya pilih?

Bukan penggemar atau fanatik dengan desktop XFCE, karena saya sering mengunggah atau memberi keterngan menggunakan desktop XFCE saat membuat tulisan. Saya menginginkan performa yang lancar dan mudah dikastem. Seperti desktop XFCE ini, yang merupakan desktop ringan dan mudah pengaturannya.

Orang awam pun dapat mengubah pengaturan hanya dengan bantuan melihat beberapa dokumentasi baik tulisan maupun video di internet.

Kok tidak upgrade online saja?

Tadinya saya pengin mengupgrade versi 18.0 dengan langsung secara online. Dengan berbagai pertimbangan akhirnya saya install ulang saja. Karena dimungkinkan mengupgrade secara online terjadi kerusakan sistem yang disebabkan dari proses instalasi maupun download.

Misalkan koneksi internet lambat yang akhirnya proses download lama dan terpututs. Sehingga instsalasi jadi tersendat di tengah jalan. Akhirnya sistem korup dan error. Ujung-ujungnya juga instal ulang.

Sistem baru, keluarga baru.

Selain saya menggunakan sistem yang baru pada laptop Acer 4745G, saya juga memiliki keluarga baru. Alhamdulillah. Seorang putri yang yang imut telah lahir pada Selasa, 26 September 2017.

Putri saya ini beri nama Vanya Kinarian Setyana. Semoga dengan kelahiran putri saya yang pertama ini memberikan kemudahan rejeki, ia juga sehat selalu, dan kelak menjadi putri yang berguna bagi orang tua, nusa dan bangsanya, serta agama. Amiin.