Alhamdulillah akhirnya Solved juga dalam permasalahan menambahkan PPA yang error. Seperti yang sudah saya posting errornya pada blog satunya di sana, kurang lebih seperti ini.

Setelah saya Googling dan belum juga menemukan solusi yang tepat. Akhirnya ketemu juga pada kasus yang sama pada sebuah situs Blackmoreapps. Namun pembahasannya pada sistem Kali Linux. Kurang lebih caranya sama seperti ini.

Ketikkan beberapa perintah berikut ini:

Selanjutnya cari di mana lokasi add-apt-repository berada.

apt-file search add-apt-repository

Hasilnya kurang lebih seperti ini:

Selanjutnya adalah mengedit file add-apt-repository tersebut dengan menggunakan teks editor. Untuk kali ini saya gunakan teks editor vim.

Masuk ke direktory sbin

Isikan file tersebut dengan baris code seperti ini:

Catatan:

Untuk trusty ganti dengan distribusi yang Anda gunakan. Karena pada sistem saya adalah Linux Mint 17.0 Qiana yang merupakan turunan dari Ubuntu Trusty Tahr jadi mengikuti induknya.

Tes dengan menambahkan PPA, berhubung saya akan menginstal java yang akan digunakan untuk membuka java file manager pada browser yang saya gunakan di webmin web hosting yang saya pakai.

Untuk menambahkan pastikan sudah berada pada direktori /usr/sbin dan mengetikkan perintah sudo ./add-apt-repository alamat_ppa.

Itulah permasalahan Error Add PPA yang sudah solved. Semoga rekan-rekan pembaca dapat menggunakannya dengan baik dan bermanfaat bagi kalian. Terima kasih. 😀

Referensi:

Kali Linux add PPA repository add-apt-repository