Ada yang bilang, kalau PKL (Praktik Kerja Lapangan) itu ribet. Tetapi mau tidak mau seorang pelajar apalagi yang sekolah kejuruan itu harus mengikuti kegiatan PKL. Entah itu sesuai bidang jurusannya, atau pun melenceng dengan jurusan.

Ketika sebuah perusahaan telah menerima para pelajar untuk Praktik Kerja Lapangan (PKL), tentunya menjadi keuntungan tersendiri bagi para pelajar dan sekolah. Mereka bisa memberikan persetujuan untuk selalu memberikan para siswanya untuk PKL di perusahaan tersebut. Dengan begitu pelajar pun tidak bingung – bingung untuk mencari sendiri di mana lokasi tempat praktik lapangan.

Seperti di tempat kerja saya, sudah banyak sekali para pelajar yang PKL di sana. Kadang ada yang melenceng dari jurusannya, kadang juga sesuai. Bahkan ada juga yang pethakilan alias slekehan. Tetapi mereka juga dalam tahap belajar kerja, jadi yang sudah kerja di situ tetap harus memakluminya.

Banyak sekali mereka membantu pekerjaan utama maupun yang lain. Namanya juga orang PKL jadinya hanya fokus untuk merinigankan pekerjaan dari karyawan yang sedang bekerja, Entah itu mengarsip, menginput data dan lain sebagainya.

Bukan menjadi keterangantungan kepada para siswa PKL, namun jasa mereka itu luar biasa dalam mengahadapi pemebelajaran praktik kerja.

Canda tawa dan keseriusan kerja kadang menjadikan momen yang berharga oleh mereka. Inilah yang dinamakan bagaimana merasakan kerja yang sebenarnya. Mungkin kelak mereka tidak juga merasakan suasana kerja yang sama seperti pada saat PKL.

Hal yang kadang saya sendiri heran, kalau mereka baru saja masuk PKL diam saja. Seperti patung dan bahkan jarang mengobrol dengan sekeliling. Kinerjanya juga terkesan kaku, padahal seharusnya rileks saja. Namun ketika sudah waktu hampir satu bulan PKL, barulah mereke cerewet minta ampun. Sudah terbawa suasana kerja di tempat saya.

FYI,

Suasana kerja di bagian saya itu orang – orangnya tidak serius banget. Becandanya luar biasa, santai, kalau ada kerjaan ya dikerjakan, kalau tidak ya diam dan mungkin ngapain kek. Tetapi kinerja orang – orangnya tidak perlu disuruh pun sudah tahu itu pekerjaan yang harus diselesaikan.

karya_PKL

Tulisan para siswa – siswi PKL

 

Terima kasih kepada siswa – siswi PKL entah di mana pun berada. Saya dan teman – teman tidak akan melupakan jasa – jasa kalian. Tetaplah semangat dalam menempuh kegiatan apapun. Carilah pekerjaan yang bagus dan kalian minati.

Foto – foto dan kenangan kata – kata kalian pun masih ada di meja. Tidak akan dibuang sampai kapanpun. Sebagai penghias mejad kerja supaya yang lain tahu (adik kelas kalian) ada di sana.