Pengalaman yang tidak akan saya lupakan dengan Ubuntu, Alldeb dan GrOS. Karena peran merekalah laptop saya terselamatkan dari sistem operasi yang terperangkap di windows 64 bit.

Situasi saat itu ketika laptop saya HP430 sudah terjual oleh ponakan saya sendiri. Berhubung mereka belum kenal apa itu sistem operasi Gnu/Linux, maka saya berniat untuk menginstal windows. Namun, apalah daya saya terperangkap di versi windows 64 bit. Driver tidak kompatibel, file aplikasi tidak mendukung alias tidak ada yang versi 64 bit seperti WinRar dan semacamnya.

ubuntu

Alhasil saya diselamatkan oleh kepingan CD Ubuntu 14.04 LTS. Kepingan CD Ubuntu tersebut sudah lama sekali disimpan di plastik pembungkus. Saya lakukan penginstalan Ubuntu di laptop saya. Singkat waktu penginstalan selesai. Permasalahan pun muncul, mau instal UnetBootin tidak bisa. Soalnya koneksi modem tidak ada, padahal sudah dicek dengan lsusb, modem tersebut terdeteksi.

Pergi ke situs UnetBootin, saya unduh file .deb dan file .bin dengan sistem Manjaro. Posisi harddisk eksternal sudah terinstal sistem operasi Manjaro. Saya coba instal di Ubuntu, namun tetap tidak berhasil. Lalu, saya terlintas alldeb, langsung saja saya pergi ke situs bengkelubuntu.org. Saya unduh file unetbootin.alldeb dan sekaligus panduan penginstalannya. Berhubung saya lupa jadi mengikuti panduan lagi.

Walhamdulillah, UnetBootin terinstal dengan lancar. Untuk cara menginstal dengan Alldeb sementara Anda ikuti saja panduan dari situs bengkelubuntu.

Kenapa saya pilih GrombyangOs?

Jawaban yang pasti adalah versi edukasinya, bisa saja saya instal ZorinOs Edukasi. Tetapi saya lebih memilih ke versi lokal saja. Produk buatan Indonesia lebih mantap dan lebih familiar dengan orang sendiri. Berhubung yang akan memakai laptop ini adalah seorang pelajar, untuk itu saya instal GrOS saja. Proses instalasi cukup lancar, dan sukses berat. Sampai pada akhirnya saya gunakan untuk menulis artikel ini sekaligus mengupdate dan upgrade sistem GrOs yang baru terinstal.

grombyangos

Terimakasih:

  • http://www.ubuntu.com/
  • http://bengkelubuntu.org/
  • http://www.grombyang.or.id/
  • https://unetbootin.github.io/