Kata Belajar memiliki arti yang sangat luas. Tidak hanya duduk di meja belajar denga tumpukan buku tebal di atasnya. Setiap pertememuan, peristiwa dari lingkungan sekitar pasti ada unsur pembelajaran yang didapat. Baik itu yang memiliki sifat menggugah semangat, sampai pada sifat buruk yang tidak boleh dilakukan.

Berbagai kegiatan belajar bisa kamu lakukan. Apalagi sekarang di era teknologi yang canggih, membuat kamu mudah sekali untuk mengakses internet dan belajar. Dari ponsel saja kamu sudah bisa membaca tulisan yang ada di halaman web itu dan pastinya memiliki pengetahuan yang baik.

Belajar pun tidak melihat usia, baik muda hingga tua sekalipun. Tidak ada batasan untuk belajar, dari mana asalmu, di mana kamu belajar, kapan kamu belajar, semua kesempatan untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih sangatlah mudah. Dengan melihat di sekitar kita saja, pastinya sudah bisa menangkap pembelajaran yang pasti.

Sebenarnya kita tidak perlu bingung untuk mencari dari mana sumber pembelajaran. Dari sekitar kita saja, peristiwa, obrolan sampai pertemuan rutin juga bisa diambil sisi positifnya untuk belajar. Jika memang ingin menggali lebih luas dari tulisan-tulisan yang ada, bisa menggunakan ponsel kamu untuk menjelajahi dunia maya. Dari membaca artikel berita maupun tentang pendidikan kamu sudah mendapatkan dengan mudah hanya dengan smartphone kamu.

Contohnya bisa kita gunakan media situs edukasi seperti KelasKita.com. Halaman web yang sudah bertransformasi menjadi kamus dan media belajar ini bisa diakses di manapun, kapanpun dan situasi apapun kamu sekarang. Apalagi sudah tersedia aplikasi pada ponsel androidmu. Kamu bisa mengunduh dan mempergunakannya secara gratis aplikasi KelasKita.com di Google Plasytore.

Belajar doang tidak mendokumentasikan sesuatu yang dilakukan juga akan rugi. Kamu sedang praktik suatu pelajaran misalnya meneliti anatomi daun. Jika cuma meneliti saja, tidak mendokumentasi di buku jurnal kamu atau paling keren di blog pribadi ya sama saja bohong. Sepintar apapun jika tidak dituangkan ke bentuk tulisan, maka kamu akan hilang dari sejarah. Tulisan kamu walaupun sekedar blog sendiri, tidak akan hilang. Tapi jika memang ingin yang lebih keren lagi, menulis buku itu sungguh luar biasa.

Proses belajar juga jangan yang instan – instan. Kaya mie instan saja, tinggal rebus makan kenyang. Sebuah pembelajaran yang paling seru itu sebenarnya ada pada proses belajarnya. Kamu bisa menikmati betapa susahnya memahami, betapa enaknya bercanda tawa saat belajar bersama temanmu. Seperti guruku dulu bilang, “Nilai itu tidak penting, yang penting adalah kamu paham dan ngerti yang kamu pelajari”.

Ah, sudah ngocehnya tentang belajar. Saya pun masih belajar merangkai kata – kata, dan bisanya belajar nyontek. Maklum bukan penulis profesional seperti kalian.