Jere wong tua Tresna Jalaran Saka Kulina, sing artine katresnan jalarane sekan kegiatan utawa aktifitas sing dilakoni saben dinane. Semua jenis kegiatan apapun jika sudah menjadi kebiasaan sehari – hari maka akan menjadi kecintaan terhadapnya.

Kecintaan terhadap Perangkat Lunak

Ibarat kata menyayangi kepada sang gebetan, perangkat lunak pun butuh rasa sayang yang mendalam. Mereka perlu mengenalnya, disentuh, dimengerti, dan sebagainya. Bagaimana mungkin bisa Anda menyayanginya jika belum tahu seluk beluk dari mana itu perangkat lunak.

Mengenalnya

Sepertinya Anda butuh kenalan lebih dulu dengan calon gebetan. Biasanya sedang anget – angetnya ya pedekatean lah. Pengin tahu ini itu, sedang apa. sedang apa, bagaimana, bagaimana, jalan yuk.. (ajib, gile bener..). Inilah permulaan Anda dengan perangkat lunak yang akan digunakan sehari – harinya. Anda harus berkenalan, bagaimana perangkat lunak tersebut, secara tampilannya, fungsinya, sampai pada tahapan masalah – masalah yang akan dihadapi. Bukan hanya orang saja yang punya masalah, perangkat lunak pun punya juga.

Dimengerti

Yang satu ini tentunya sudah menjadi andalan para orang, baik lelaki maupun wanita. Mereka saling mengerti dan dimengerti untuk satu tujuan. Perangkat lunak pun sama demikian, mereka perlu dimengerti bagaimana nasib mereka. Perangkat lunak di sini ada dua jenis, yang pertama jenis open source dan yang kedua close source. Anda harus mengerti di mana tempat mereka, kondisi mereka, dan sebagaianya.

Open source, jenis perangkat lunak ini bebas untuk dimiliki oleh orang lain. Namun tetap berpedoman dengan ketentuan dan etika yang berlaku. Jangan mentang – mentang open source berarti Anda bebas memiliki dengan mengganti hak milik pembuatnya. Mereka harus dimengerti akan hal tersebut, salah satunya boleh mengubah, menambahkan namun tetap dengan tidak mengganti si pembuatnya.

Close source, sementara yang satu ini adalah jenis perangkat lunak yang sumber kodenya tertutup. Mereka membatasi pengguna untuk mengubah, menambahkan pada perangkat lunak yang meraka rilis atau keluarkan. Adapaun jenis perangkat lunak ini perlu biaya untuk mendapatkan satu lisensi aktif aplikasi tersebut. Mengertilah dengan keadaan ini, jika memang Anda sayang terhadap perangkat lunak maka lakukanlah sesuai dengan aturan yang berlaku. Jangan semena – mena terhadapnya.

Mengerti terhadap jenis perangkat lunak memang sudah menjadi ketentuan wajib yang Anda ketahui. Jika Anda punya uang maka belilah lisensi untuk jenis perangkat lunak yang Close Source, namun jika memang tidak punya yang apa boleh buat harus memakai perangkat lunak yang Open Source. Anda jangan memaksakan kehendak untuk tetap menggunakan perangkat lunak close source tanpa membeli lisensi, cinta saja kalau dipaksa tidak mau.

Disentuh

Adakalanya Anda harus menyentuh paras dan hati yang cantik dari seorang wanita. Bersyukurlah dengan apa yang sudah Anda dapatkan, betapa cantiknya wanita yang aku sayangi ini. Eits, bukan yang sembrono yah. Lalu perangkat lunak juga harus disentuh? Apabila anda ingin mengubah, mengendalikan, menambahkan sendiri dari jenis aplikasi yang dipakai (open source) maka sudah waktunya untuk ikutan menyentuhnya.

Anda bisa mengubah samapai ke akarnya agar sesuai dengan kebutuhan Anda sendiri. Jika memungkinan Anda juga bisa merilis jenis aplikasi tersebut namun dengan catatan ini adalah jenis aplikasi yang bebas dan tidak menyalahi aturan dari sang empunya.

Dimulai dengan hal terkecil lebih dulu ngobrak – abrik jenis desktop. Berbagai jenis desktop seperti Xfce, Lxde, Kde, Mate, Cinnamon, Gnome, Unity, LxQt, bisa Anda obrak abrik sesuaikan selera Anda. Punya kemampuan untuk membuat desktop sendiri? Buatlah dengan kekuatan dan kemampuan pikiran dan ide gagasan Anda.

Tresna jalaran saka kulina, memang semua awalnya dari yang kecil, tumbuh rasa, kebiasaan, dan menjadi sebuah anugerah cinta yang luar biasa. Jere wong tua, kie luh.