Bismillah,

Penginstalan wordpress di localhost yang saya lakukan memang sedang ada banyak masalah. Jadi saya dokumentasikan dengan sebisa saya. Proses upload file di wordpress localhost ternyata sudah dibatasi dengan maksimal ukuran tertentu. Anda bisa mengetahuinya dengan melihat di browser.

Melihat info php localhost

Buka browser dan ketikan alamat localhost/info.php. Info.php ini sesuaikan dengan nama yang sudah dibuat pada saat penginstalan web server nginx. File tersebut ada di /user/share/nginx/html/. Isi dari info,php antara lain sebagai berikut:

Gambar dari info.php adalah seperti ini.

infophp

Unggah file tema terlalu besar

Pada saat mengunggah file tema yang hanya berukuran 2,1MB ternyata mendapatkan eror seperti ini.

Uploading Theme To WordPress and Get 413 Request Entity Too Large

Googling

Saya pun googling, karena hal termudah untuk mencari solusi masalah adalah mencarinya di internet. Dengan bermodal mem-paste-kan pesan eror di mesin pencari, nantinya juga akan keluar dengan sendirinya hasil dari pencarian yang mengarahkan ke hal yang sama. Alhamdulillah saya menemukan ini.

https://www.digitalocean.com/community/questions/uploading-theme-to-wordpress-and-get-413-request-entity-too-large

Edit File PHP.ini

Ternyata pengaturan ukuran dari upload, posting, limit memori ada di php.ini. File tersebut ada di /etc/php5/fpm/php.ini. Dengan menggunakan teks editor kesayangan, saya edit di bagian upload size max ke 32M. Yang artinya bahwa file upload ke server localhost di wordpress berukuran maksimal 32MB, sebelumnya adalah 2MB saja. Gunakan fitur find agar lebih cepat dalam mencari baris kode tersebut.

Isi file php.iniSimpan dan restart php5-fpm

Buka browser dan lihat localhost/info.php. Scroll ke bawah dan lihat kapasitas uploadnya apakah sudah berubah atau belum. Ini hasil dari konfigurasi di atas.

Kapasitas upload maksimal