Baru – baru ini Oracle telah merilis virtualbox dengan versi 5.1. Banyak sekali dukungan dan perubahan yang dibawakan pada versi ini. Pada tulisan ini akan dibahas bagaimana untuk menginstalnya atau mengupgrade Virtualbox 5.1.

Tampilan yang apik dari versi 5.1 ini dengan UI untuk Qt5 yang membawakan dukungan python 3. Selain itu penambahan HDA (Hight Definition Audio) yang memperlancar dalam pemutaran audio dengan format baru pada sistem operasi Windows.

Beberapa fitur lain pada Virtualbox 5.1 ini seperti VMM (Virtual Machine Manager) dari APIC yang baru, implementasi I/O APIC, Hyper-V yang memungkinkan mengakses debugging pada virtualisasi Windows, dan masih banyak lagi silakan cek log-nya di sana.

Untuk menginstalnya Anda harus menghapus terlebih dahulu versi Virtualbox sebelumnya. Caranya:

Kemudian dowload filenya di situsnya sesuaikan pada arsitektur sistemnya 32bit atau 64bit. Lakukan penginstalan bisa dengan Ubuntu Software Center atau dengan gdebi maupun dengan terminal seperti.

Cara lain untuk menginstalnya adalah menggunakan ppa atau repository dari oracle yang mengakses langsung ke virtualbox. Tambahkan alamat repository dengan cara mengakses file /etc/apt/sources.list

Tambahkan alamat berikut ini:

Note:

Untuk codename xenial bisa diganti sesuai dengan sistem yang Anda pakai. Seperti utopic, trusty, raring dll.

Simpan dan lakukan update sistemnya, lalu install virtualbox versi terbaru.